April 24, 2024
April 24, 2024

LP2M IAIN KENDARI

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari

Profil LPPM IAIN Kendari

Konstitusi Undang-Undang Nomor 2 tahun 20013 tentang Sistem pendidikan nasional merupakan salah satu rujukan yang harus diikuti oleh institusi pendidikan termasuk pendidikan tinggi. Pasal 20 Undang-Undang Nomor 2 tersebut menyatakan dengan tegas bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, di samping melaksanakan pendidikan. Hal ini berarti pelaksanaan penelitian dan pengabdian merupakan salah satu ciri khas sebuah perguruan tinggi.

IAIN Kendari sebagai institusi pendidikan tinggi mempunyai kesempatan untuk berperan penting menempatkan diri dalam percaturan peradaban bangsa dan dunia.

Sebagai perguruan tinggi, IAIN Kendari saat ini menghadapi berbagai tantangan internal dan eksternal globalisasi yang ditandai oleh keterbukaan, kompetisi, modernisasi, dan teknologi informasi. Menghadapi tantangan tersebut, IAIN Kendari sepatutnya mampu mewujudkan suatu institusi perguruan tinggi yang tangguh dan unggul dalam kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pelayanan masyarakat. Dengan mengacu pada visi IAIN Kendari yang ingin menjadikan IAIN Kendari sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam ilmu, anggun dalam moral dan gemilang dalam karya (resillent character, excellent science, brilliant work) maka IAIN Kendari perlu meningkatkan mutu salah satu Tridarma utamanya dalam bidang Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian masyarakat yang bernama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Kendari.
Keberadaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Kendari diharapkan bisa menjadi jembatan munculnya gairah meneliti dan pengabdian kepada masyarakat. Lembaga ini juga berfungsi sebagai sarana yang mewadahi munculnya karya-karya yang dapat dibanggakan secara ilmiah. Oleh sebab itu, penelitian-penelitian di lingkup IAIN Kendari di bawah fungsi LPPM tidak hanya berhenti pada ranah penelitian, tetapi juga diarahkan pada publikasi ilmiah dalam bentuk buku, jurnal baik jurnal nasional maupun internasional.
Oleh sebab itu, keberadaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Kendari sangat diperlukan dan merupakan keniscayaan dalam menjawab kebutuhan-kebutuhan tersebut. Lembaga ini diharapkan menjadi “think-thank” bagi perguruan tinggi, sekaligus sebagai produsen berbagai perangkat keilmuan yang dibutuhkan oleh perguruan tinggi dalam melaksanakan Tridarmanya di tengah-tengah masyarakat dalam menghadapi tantangan global.