Jurnal Al-Izzah

Jurnal Ilmiah sebagai media publikasi kajian ilmiah civitas akademika menjadi suatu hal yang niscaya dilakukan oleh perguruan tinggi. Tanpa itu, misi yang diemban perguruan tinggi dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi akan sulit dicapai. Hal ini akan menjadikan perguruan tinggi tidak membumi dan berada pada posisi menara gading yang hanya bisa dipandang namun tidak terasa manfaatnya bagi penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap masyarakat luas. Selain itu, Dosen/ Peneliti di perguruan tinggi dituntut untuk masuk dan dikenal oleh komunitas akademik di seluruh dunia melalui tulisan-tulisan yang dipublikasikan di jurnal-jurnal terakreditasi.

Jurnal berkala ilmiah adalah bentuk terbitan yang berfungsi meregistrasi kegiatan penelitian yang dilakukan para Dosen/ Peneliti dan menyebarkannya secara meluas kepada khalayak ramai. Penerbitan jurnal berkala ilmiah di lingkup IAIN Kendari belum terakreditasi nasional. Hal ini mengakibatkan sulitnya para Dosen/ Peneliti mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya pada jurnal yang terakreditasi. Selain itu, kelemahan lainnya yaitu motivasi dosen untuk meneliti dan mempublikasikan hasil penelitian hanya dikaitkan dengan usaha kenaikan pangkat kepegawaian. Para dosen/peneliti IAIN Kendari merupakan sumber daya yang dituntut untuk memiliki kemampuan lebih dan sepatutnya mampu mengaktualisasikan kompetensinya bukan sekedar kegiatan penelitian, tetapi juga menulis hasil penelitian tersebut dalam bentuk jurnal berkala ilmiah. Publikasi hasl-hasil penelitian oleh para dosen/peneliti diharapkan dapat berkontribusi positif bagi permasalahan dan kesejahteraan bangsa.

Menindaklanjuti hal tersebut maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Kendari akan menerbitkan jurnal berkala ilmiah yang memenuhi standar untuk diajukan sebagai jurnal yang terakreditasi nasional. Al-Izzah adalah salah satu Jurnal berkala ilmiah yang ada di IAIN Kendari. Al-Izzah adalah jurnal ilmiah yang difokuskan pada kajian sosial keagamaan dengan pendekatan multi disiplin dan interdisiplin ilmu. Setiap kegiatan Al-Izzah  menghasilkan jurnal yang diterbitkan sebanyak dua kali setiap tahunnya.

Informasi lanjut mengenai Jurnal Al-Izzah dapat diperoleh di tautan berikut:

E-Journal Al-Izzah IAIN Kendari