Temu Wicara Program Publikasi Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LP2M IAIN Kendari

Maksimalisasi program publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terus diintensifkan oleh Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Kendari. Salah satu dari sekian langkah yang ditempuh adalah dengan terus menginisiasi pertemuan dengan para peneliti dan dosen di lingkup IAIN Kendari dalam mengawal proses penelitian sampai publikasi hasil. Salah satu inisiasi tersebut diwujudkan dalam kegiatan Overview Penelitian dan Publikasi Dosen IAIN Kendari yang dilaksanakan pada hari Selasa, 6 November 2018 bertempat di Aula Perpustakaan IAIN Kendari. Dalam kesempatan tersebut LP2M IAIN Kendari melalui Puslitbit mengundang seluruh peneliti dan dosen IAIN Kendari untuk menindaklanjuti program publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang ditawarkan oleh LP2M IAIN Kendari.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 15.30 tersebut membahas dua hal, yaitu outcome penelitian tahun 2017 dan tawaran bantuan publikasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitbit) LP2M IAIN Kendari, Dr. Asliah Zainal, M.A. memaparkan beberapa hal terkait program yang difasilitasinya. Pemaparan tersebut dimulai dari deskripsi sebaran tinjauan data Publikasi Dosen IAIN Kendari sebagaimana yang dimuat dalam Bank Data Publikasi Dosen oleh Puslitbit IAIN Kendari. Untuk menggenjot percepatan publikasi dosen di IAIN Kendari, Puslitbit menginisasi tawaran Program Pendampingan Academic Writing dalam bentuk kolaborasi publikasi jurnal internasional dengan profesor sesuai kedekatan bidang ilmu dengan dosen IAIN.

Dr. Alifuddin, M.Ag. dan Dr. Asliah Zainal, M.A. sedang memberikan penjelasan kepada partisipan.

Dalam kesempatan ini, Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Muhammad Alifuddin, M.Ag. menjelaskan bahwa beberapa program yang sudah dilakukan LP2M IAIN Kendari untuk mendukung percepatan publikasi dosen diantaranya adalah penerbitan laporan penelitian dosen ber-ISBN dan bantuan publikasi bagi para dosen. “LP2M sudah memiliki akun di Perpustakaan Nasional RI yang bisa digunakan untuk mengurus ISBN para dosen nantinya”, demikian imbuh beliau.

Kegiatan ini diikuti oleh para dosen IAIN Kendari dan disambut secara antusias oleh para dosen.

Pertemuan yang berjalan hingga pukul 05.00 ini diakhiri dengan shared-understanding tentang percepatan program publikasi para dosen pada masa-masa yang akan datang.