Diseminasi Hasil Penelitian LP2M IAIN Kendari Tahun 2018

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Kendari melalui Pusat Penelitian dan Penerbitan menggelar kegiatan Diseminasi Hasil Penelitian sebagai pagelaran puncak dari kegiatan Konsinyering Desain Penelitian Dosen IAIN Kendari yang telah dilaksanakan pada bulan April lalu. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut dimulai dengan acara Pembukaan pada hari Jumat, 9 November 2018 yang dibawakan langsung oleh Rektor IAIN Kendari, Dr. Nur Alim, M.Pd. didampingi oleh Ketua LP2M, Dr. Alifuddin, M.Ag. Pada momentum tersebut, Rektor IAIN Kendari menegaskan pentingnya aktivitas penelitian yang menjadi salah satu ujung tombak Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam membangun daya saing PTKIN secara khusus dan peradaban bangsa secara umum. Beliau menyampaikan pesan bahwa kegiatan penelitian itu sendiri akan berperan sebagai kritik sekaligus refleksi bagi Dosen di lingkup IAIN Kendari dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Acara yang yang dimulai pada pukul 15.30 ini kemudian berlanjut dengan penjelasan singkat mengenai teknis pelaksanaan kegiatan yang akan berlanjut hingga hari Minggu, 11 Nopember 2018. Penjelasan ini disampaikan langsung oleh Ketua LP2M, Dr. Alifuddin, M.Ag. dan berlanjut dengan sesi tanya jawab.

Puslitpen LP2M sendiri membagi sesi presentasi dari masing-masing peserta ke dalam empat kluster. Masing-masing kluster tersebut didampingi oleh reviewer yang telah ditunjuk. Pada masing-masing kluster terdapat sekitar 16 (enam belas) presenter dan dipandu oleh Dr. La Ode Sumarlin, M.Pd. pada kluster pertama. Sedangkan pada kluster dua didampingi oleh Ibu Dr. Asliah Zainal, M.A. Kluster ketiga dipandu oleh Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed. dan pada kluster keempat dipandu oleh Dr. Muhammad Alifuddin, M. Pd. dan Dr. Abdul Wahab, M. Pd. Pada sesi reviewing sendiri, para reviewer menekankan pentingnya para peneliti untuk segera melakukan perbaikan terhadap laporan penelitiannya dan melengkapi administrasi yang dibutuhkan.

Kegiatan presentasi dan reviewing pada masing-masing kluster memakan waktu selama 2 (dua) hari disebabkan banyaknya jumlah peserta dan pemaparan hasil penelitian yang terbilang cukup lama bagi masing-masing presenter. Padatnya jadwal menuntut para presenter mesti memanfaatkan waktu yang diberikan seefektif mungkin. Dalam waktu 2 (dua) hari tersebut, kegiatan dilaksanakan tanpa henti mulai dari pagi hingga sore hari dan hanya diselingi istirahat sholat dan makan.

Kegiatan yang mengusung program utama Puslitpen LP2M IAIN Kendari ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan yang menargetkan pengembangan penelitian di lingkup institusi IAIN Kendari. Puslitpen LP2M pun setelah kegiatan ini berakhir akan terus mendampingi para peneliti untuk memenuhi segala hal yang perlu dilengkapi dan terus mengingatkan untuk segera melakukan perbaikan dari laporan hasil penelitian masing-masing.