Petunjuk Teknis Penelitian IAIN Kendari Tahun 2018

Sejak awal keberadaan perguruan tinggi, penelitian memiliki peran sentral dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Perguruan tinggi mendapat tantangan untuk memberikan dampak (impact) kepada masyarakat. Untuk itu, penelitian harus menghasilkan kemanfaatan secara luas, sedangkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mesti membentuk ilmu yang hidup”.

Tujuan penelitian adalah untuk perbaikan kehidupan. Kemampuan manusia untuk menghadapi berbagai isu akan meningkat seiring dengan penguatan atas pola relasi sosial. Keterpaduan Tri Dharma mensyaratkan bahwa operasionalisasi perguruan tinggi harus sesuai dengan konteks kehidupan masyarakat. Upaya ke arah itu dapat dilakukan dengan strategi pengokohan kualitas sesuai standar mutu, relevansi melalui konektivitas ke dalam kehidupan sosial dan daya saing PTKI berdasarkan distingsi dan keunggulan.

Oleh sebab itu, harapan tinggi terhadap pelaksanaan penelitian di IAIN Kendari membutuhkan acuan berupa petunjuk teknis pelaksanaan. Oleh karena itu, penyusunan petunjuk teknis ini menjadi mutlak dibutuhkan. Kepada para peneliti yang ingin mengunduh dokumen Petunjuk Teknis tersebut dapat mengklik tautan berikut:

Petunjuk Teknis Penelitian IAIN Kendari Tahun 2018