Pelepasan Mahasiswa-Mahasiswi KKN Tematik Berbasis Riset 2019

Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat LP2M IAIN Kendari menggelar acara pelepasan mahasiswa(i) peserta KKN Tematik Berbasis Riset bertempat di Aula Mini pada hari Selasa, 5 Maret 2019. Kegiatan KKN dengan format berbeda ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan oleh LP2M. Peserta KKN yang mendapat kesempatan langka ini adalah para mahasiswa(i) tingkat akhir dari Program Studi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Acara yang dihadiri oleh Ketua LP2M, Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag. bersama Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Dr. H. Herman, M.Pd. dipandu langsung oleh Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris, Abdul Halim, M.A.TESOL. didampingi oleh Dr. St. Nurfaidah, M.Ed. dan seluruh Dosen dan di lingkup Prodi Tadris Bahasa Inggris berikut para peserta KKN Tematik Berbasis Riset ini.

Para Panelis Kegiatan Pelepasan Peserta KKN Berbasis Riset 2019

Ketua LP2M, Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag. yang memberikan materi pembekalan pada kegiatan tersebut memulai pembahasannya dengan memberi koreksi pada spanduk yang menulis tajuk Pelepasan Peserta KKN Berbasis Masjid. Menurutnya itu tidak sesuai karena yang dimaksudkan adalah Berbasis Riset meski pada praktiknya bisa terpusat di Masjid. Beliau memaparkan secara panjang lebar tentang sejarah model pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata dari awal mula munculnya kegiatan tersebut hingga pendekatan-pendekatan mutakhir yang melahirkan program-program KKN yang inovatif dan semakin memenuhi tujuannya termasuk di antaranya KKN Tematik Berbasis Riset.

Ketua LP2M, Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag. saat memaparkan materi pembekalan kepada para peserta KKN Tematik Berbasis Riset.

Beliau mengapresiasi semangat, kesabaran, dan kreativitas dari seluruh elemen dari Program Studi Tadris Bahasa Inggris yang sanggup mendorong dan mewujudkan program KKN Tematik Berbasis Riset ini. Menurutnya, LP2M sudah bertransformasi menjadi Lembaga yang terbuka terhadap segala bentuk kreativitas yang bertujuan untuk meneguhkan eksistensi lembaga yang dipimpinnya tersebut. Dalam kesempatan yang sama, beliau menjabarkan secara detail disain dari KKN Tematik Berbasis Riset yang secara sederhana dapat dilihat pada bagan berikut:

Struktur Analisis Rasionalisasi KKN Tematik Berbasis Riset

Dalam penjabarannya tersebut, beliau menekankan pentingnya persiapan yang mesti diperhatikan oleh setiap peserta KKN; termasuk yang paling pokok di antaranya adalah melakukan Pilot Study berupa Survey Lapangan dan menyiapkan Proposal Kegiatan berbasis data dari survey yang telah dilaksanakan. Sebab perencanaan kegiatan KKN dapat dikatakan matang bila memenuhi setidaknya dua hal; yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat sasaran secara fundamental dan melahirkan program yang dapat terus dikembangkan secara berkesinambungan. Ketua LP2M memberikan ilustrasi berikut untuk memudahkan para peserta pembekalan memahami konsep yang diintrodusirnya:

Bagan Proses Penetapan Program-Program KKN Tematik Berbasis Riset

Di penghujung acara, tak lupa beliau memberikan nasihat-nasihat sebagai bekal para peserta menjalankan kegiatan KKN. Beliau menekankan pentingnya menjaga nama baik diri, keluarga, dan institusi selama berada di lokasi KKN.

Ketua LP2M, Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag. dan Ketua Prodi TBI Abdul Halim, M.A.TESOL bersama beberapa Mahasiswi peserta KKN

Selepas kegiatan pelepasan, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Dr. H. Herman, M.Pd. bersama Ketua Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Abdul Halim, M.A.TESOL. langsung berangkat menuju lokasi KKN Tematik Berbasis Riset di Desa Rambu-Rambu Jaya Kec. Ranomeeto Kab. Konawe Selatan. Setiba di lokasi, rombongan peserta KKN disambut oleh perangkat Desa dipimpin langsung oleh Kepala Desa setempat. Proses penyambutan dimulai dari pengarahan oleh Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. H. Herman, M.Pd. kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala Desa Rambu-Rambu Jaya.

Penerimaan Peserta KKN oleh Kepala Desa Rambu-Rambu Jaya.
Rombongan KKN Tematik Berbasis Riset bersama Perangkat Desa Rambu-Rambu Jaya.