Rapat Kerja dan Kunjungan Kerja LP2M IAIN Kendari ke LP2M UIN Malang

Rapat Kerja Tahunan IAIN Kendari yang berlangsung selama 4 (empat) hari mulai Kamis, 07 Maret hingga Ahad, 10 Maret 2019 di Kota Malang diikuti oleh seluruh komponen institusi mulai dari Fakultas, Lembaga, hingga Unit-Unit yang terdapat di IAIN Kendari. Rapat Kerja tersebut membahas Rencana Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang.

Para Wakil Rektor dan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebagai moderator.

Rapat Kerja Tahunan ini juga menyasar kerjasama antar institusi yakni IAIN Kendari dan UIN Malik Ibrahim Malang. Kerjasama tersebut dituangkan ke dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak yang berisi kesepakatan untuk mewujudkan program-program strategis yang berdampak positif bagi kedua belah pihak baik di masa kini maupun di masa yang akan datang. Penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh seluruh pejabat di lingkup IAIN Kendari dan beberapa petinggi UIN Malik Ibrahim Malang.

Rektor IAIN Kendari dan Rektor UIN Malang menampilkan dokumen MoU kedua belah pihak yang telah ditandatangani.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Kendari yang membawahi tiga pusat yaitu Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitbit), Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Pusat Kajian Gender dan Anak (PSGA) juga turut mengajukan rancangan kegiatan yang dibahas secara mendalam pada kesempatan tersebut.

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan, Dr. Asliah Zainal, M.A. saat memaparkan program kerja tahunan Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M

Pada kesempatan yang sama, Ketua LP2M, Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag. mendapat kehormatan yang diberikan langsung oleh Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim, M.Pd. atas pencapaian kinerja lembaga yang dipimpinnya yang berhasil menjadi lembaga dengan tingkat pencapaian pelaksanaan kegiatan hingga 98%. Di depan para peserta Rapat Kerja Tahunan, Ketua LP2M memaparkan dengan santai kiat-kiat yang ditempuhnya dalam usaha mewujudkan pencapaian tersebut.

Ketua LP2M, Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag.

Rapat Kerja Tahunan ini dimeriahkan dengan kuliah terbuka oleh Prof. Dr. Imam Suprayogo yang merupakan mantan Rektor UIN Malang yang mengemukakan gagasan-gagasan yang patut ditempuh dalam rangka mewujudkan cita-cita IAIN Kendari menuju kancah internasional. Beliau, dalam penyampaiannya, menegaskan pentingnya fase Ta’aruf yaitu mengenalkan dan memperkenalkan brand institusi dengan berbagai cara juga dengan berbagai kalangan di tiap kesempatan yang ada. Beliau juga menekankan pentingnya menjaga ukhuwah dan kebersamaan sebagai basis utama dari setiap model program yang dicanangkan.

Di penghujung seluruh rangkaian acara, Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim, M.Pd. memberikan motivasi kepada seluruh sivitas akademika IAIN Kendari dengan tetap menjunjung kreativitas berbasis Ta’awun (tolong menolong) di antara seluruh komponen yang ada di IAIN Kendari. Beliau mengilustrasikan gagasan-gagasan yang dikemukakan lewat permainan-permainan sederhana namun menguji daya nalar dan kreativitas berpikir. Beberapa peserta kegiatan diundang beliau ke depan untuk menuntaskan paradoks yang ditampilkan.

Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim, M.Pd. saat menyampaikan materi.

Dari seluruh rangkaian kegiatan, terdapat pula kegiatan Kunjungan Kerja ke beberapa kampus yang ada di Kota Malang tersebut. Pada kesempatan Kunjungan Kerja kali ini, IAIN Kendari menyambangi dua kampus besar yang telah menjadi ikon dari kota tersebut yaitu Universitas Brawijaya dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan seksama oleh seluruh personel LP2M IAIN Kendari dengan berkunjung ke kantor LP2M UIN Malang yang terletak di lantai 2 gedung Dr (HC) Ir. H. Soekarno (Rektorat UIN Malik Ibrahim Malang).

Kunjungan LP2M IAIN Kendari ke kantor LP2M UIN Malang

Banyak hal yang didiskusikan dalam pertemuan tersebut berkaitan dengan pengembangan baik kelembagaan maupun program-program kerja yang tepat sasaran. Beberapa masukan terkait ide-ide program yang berbasis kemaslahatan masyarakat banyak disampaikan oleh pihak LP2M UIN Malang termasuk di antaranya adalah pemberdayaan masyarakat di sekitar lingkungan kampus.

Suasana keakraban dan kekeluargaan begitu kental dalam kesempatan kunjungan tersebut. Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag. sendiri menyampaikan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat dari LP2M UIN Malang dan berharap agar hubungan kerja sama antara kedua belah pihak dapat ditingkatkan ke tahap yang lebih lanjut.

Foto bareng di depan kantor LP2M UIN Malik Ibrahim Malang