Kuliah Umum “Research Proposal Development and International Publication” Tahun 2019

IAIN Kendari kembali menyambut tamu kehormatan dari Australian National University, Dr. Sally White yang menjadi pembicara pada Kuliah Umum Research Proposal Development and International Publication di Aula Mini Pasca Sarjana hari ini, Selasa, 19 Maret 2019. Dr. Asliah Zainal, M.A. yang mendampingi Dr. Sally White pada kesempatan tersebut membuka kegiatan dengan mengenalkan pembicara kepada seluruh peserta sekaligus menyebutkan beberapa proyek penelitian yang sedang digarap beberapa Dosen IAIN Kendari bersama Dr. Sally White yang bertemakan keterwakilan kaum perempuan dalam ruang-ruang publik.

Dr. Sally White dan Dr. Asliah Zainal, M.A. di hadapan para peserta.

Warek I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag. dalam sambutan beliau menyebutkan beberapa proposal penelitian dari beberapa Dosen IAIN Kendari yang sudah mendapat sambutan dari peneliti dari kampus luar negeri. Menurut beliau, pencapaian ini merupakan langkah besar yang telah ditapaki IAIN Kendari secara institusional menuju kampus internasional. Warek I menyampaikan apresiasi yang besar terhadap Dosen-Dosen yang telah berhasil memenuhi pencapaian tersebut juga terhadap Dr. Sally White yang bersedia berbagi dengan civitas akademika IAIN Kendari.

Dr. Sally White memulai pemaparannya mengenai bagaimana proposal penelitian dapat dibuat menarik dan memancing rasa ingin tahu yang besar. Secara spesifik, beliau menjelaskan tiap-tiap bagian dari struktur proposal penelitian sebagaimana yang umum diketahui oleh para peneliti. Mulai dari bagian latar belakang diangkatnya permasalahan, rumusan masalahnya, hingga hypotesis yang diajukan pada bagian pendahuluan dijelaskan dengan menunjukkan teknik penulisan dan penggunaan kalimat yang memadai. Dr. Sally White memberikan penekanan secara khusus pada perumusan argumen yang biasanya disusun secara semberono oleh penulis proposal. Padahal menurutnya, argumen merupakan bagian khusus dari proposal yang selalu diperhatikan secara hati-hati oleh para pembaca.

Dr. Sally saat memaparkan materi kuliahnya.

Di bagian berikutnya, penulisan kajian pustaka, Dr. Sally White menyebutkan bahwa hal yang mesti dipahami dari pemilihan dan pembacaan pustaka terkait adalah bangunan keterkaitan antara satu konsep dengan konsep lainnya yang melingkupi isu yang sedang dibahas. Dengan demikian, kajian pustaka akan menunjukkan gambaran besar yang mampu menuntun pembaca untuk memosisikan diri dari perkembangan bidang yang sedang dibahas. Pada bagian metodologi penelitian, Dr. Sally White mengingatkan peserta bahwa metode yang dipilih mesti sesuai dan dianggap mumpuni untuk menjawab rumusan masalah yang telah ditetapkan. Hendak pula tiap tahapan dari metodologi tersebut dijabarkan sedetail mungkin agar pembaca mampu mengikuti alur logis dari penelitian yang dilakukan. Di bagian akhir, Dr. Sally White menjelaskan bahwa penulis proposal mesti memperhatikan penggunaan kalimat yang menyuratkan signifikansi serta pentingnya penelitian tersebut dibuat untuk meyakinkan pembaca maupun penentu kebijakan publik akan mendesaknya penelitian tersebut dilaksanakan.

Sesi diskusi, menjelang Kuliah Umum diakhiri, secara antusias dimanfaatkan oleh para peserta yang sedari tadi memendam penasaran akan konsep-konsep kunci yang dipaparkan Dr. Sally White. Diskusi banyak berkutat pada persoalan teknis dan kiat-kiat agar proposal yang diajukan mendapat tanggapan positif dari seluruh pihak yang berkepentingan. Dr. Asliah Zainal, M.A. kemudian menyimpulkan materi yang disampaikan Dr. Sally sekaligus hasil diskusi yang dilakukan bersama peserta Kuliah Umum ini.