Tingkatkan Profesionalitas Kerja, Rumah Jurnal IAIN Kendari Gelar Rapat Internal

Banyaknya target yang dibidik oleh Rumah Jurnal IAIN Kendari tahun ini memicu kinerja para pengelola jurnal yang semakin hari semakin hari memperkuat konsolidasi. Menjawab tuntutan kinerja profesionalitas pengelola jurnal, hari ini Rabu, 27 Maret 2019, Rumah Jurnal kembali menggelar rapat internal yang sedianya merupakan pertemuan rutin. Pertemuan yang dihadiri oleh beberapa pengelola dan pegiat jurnal di lingkup IAIN Kendari ini dilaksanakan di ruang baru Rumah Jurnal bertempat di gedung Rektorat.

Peserta rapat internal Rumah Jurnal IAIN Kendari

Di tengah keterbatasan yang ada, Dr. Asliah Zainal, M.A. selaku Chief Editor dari Jurnal Berkala Ilmiah Al-Izzah tetap dengan lantang menyerukan semangat kepada para pegiat dan pengelola jurnal di lingkup IAIN Kendari. Beliau, pada kesempatan tersebut, menuturkan bahwa kerjasama yang dibarengi kerja keras sesungguhnya akan melahirkan hasil yang tidak akan mengecewakan meski apa yang dicitakan masih berbanding sauh dari labuh. Bantuan dana hibah yang diterima oleh Al-Izzah dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi beberapa waktu lalu, menurut beliau, merupakan perwujudan dari semangat tersebut.

Dr. Asliah Zainal, M.A. sedang mengarahkan jalannya pertemuan.

Rapat yang dilaksanakan pada kesempatan ini pun sedianya menyasar target yang tidak kalah pentingnya, meningkatkan kecepatan dan ketepatan kinerja dari masing-masing Section Editors di Rumah Jurnal IAIN Kendari. Dengan adanya beberapa pembaruan-pembaruan yang diterapkan pada OJS (Open Journal System), Section Editors diharapkan mampu mengadaptasi seluruh fitur yang yang ada dan memperhatikan tahap demi tahap yang mesti dilalui untuk memastikan proses administrasi penerbitan jurnal sesuai prosedur yang berlaku. Komitmen Rumah Jurnal untuk menghasilkan publikasi hasil-hasil penelitian sesuai standar yang ada bukanlah sesuatu yang mudah ditawar. Ketelitian, responsivitas, serta konsolidasi kuat di antara masing-masing pengelola ditunjukkan melalui keuletan dalam mengoperasikan journaling administration system yang ada ditopang dengan jalinan komunikasi oleh masing-masing pengelola.

Menjelang rapat usai, admin dari Rumah Jurnal mengingatkan para pengelola dan pegiat jurnal yang berkesempatan hadir untuk terus mengecek akun masing-masing secara rutin terutama menjelang deadline terbitnya edisi berikutnya. Admin juga menyampaikan bahwa Rumah Jurnal setelah rapat tersebut akan membekali para Section Editors dengan Handout Tutorial yang akan dibagikan secara luring.