LP2M IAIN Kendari Gelar Konsinyering Disain Penelitian Tahun 2019

Kegiatan yang menjadi agenda rutin tahunan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kendari kembali digelar di April 2019 ini tepatnya selama dua hari, Sabtu (06-04-2019) hingga Ahad (07-04-2019). Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Kendari ini kembali menghadirkan Dr. La Ode Sumarlin, M.Si. sebagai External Reviewer.

Ketua LP2M, Kapuslitbit, dan Reviewer Dr. La Ode Sumarlin, M.Si.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag. sekaligus memberikan sambutan terkait kebijakan-kebijakan Kementerian Agama sekaligus Institusi menyangkut administrasi pengajuan proposal penelitian dan prosedur yang mesti dipenuhi agar proposal tersebut dapat diterima dan dilaksanakan. Pada penjelasannya, beliau menitikberatkan pada konsepsi dasar pelaksanaan penelitian yaitu Knowledge, Skill, dan Art. Setiap peneliti tentunya mesti punya Pengetahuan memadai di bidang yang akan ditelitinya. Lebih lanjut, hal tersebut harus didukung dengan Kemampuan yang memadai sehingga penelitian yang dilaksanakan mempunyai kualitas yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Namun, menurut beliau, ada satu hal yang sering diabaikan oleh para peneliti yaitu konsepsi Seni. Seni dibutuhkan untuk meramu diskursus yang diangkat pada tema penelitian melalui bahasa yang tidak hanya meyakinkan namun juga tentunya menyasar etika meneliti yang esensial; menghindari plagiarisme. Beliau juga menyampaikan beberapa kebijakan-kebijakan yang diterapkan Kementerian Agama berkaitan dengan tema dan alokasi anggaran penelitian. Terlebih, menurut beliau, sejak dua tahun terakhir, penentuan penerimaan proposal penelitian bukan lagi urusan LP2M IAIN Kendari namun sudah merupakan kewenangan pusat Kementerian Agama melalui portal Litapdimas.

Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag. saat memberikan sambutan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Kendari, Dr. Asliah Zainal, M.A. juga menyampaikan materi singkat terkait Technical Briefing menyangkut jalannya kegiatan Konsinyering Disain Penelitian Tahun 2019 selama dua hari ke depan. Beliau menyampaikan beberapa hal yang mesti disiapkan oleh masing-masing penampil termasuk menyiapkan dokumen presentasi yang akan ditampilkan.

Kapuslitbit, Dr. Asliah Zainal, M.A. dalam sesi Technical Briefing.

Tahun ini, terdapat sejumlah penampil yang telah mengajukan laporannya yang masing-masing akan diuji dan dikilas oleh Reviewer yang telah ditentukan untuk tiap kluster yang ada. Untuk kluster Penelitian Pembinaan/ Peningkatan Kapasitas I terdapat 18 (Delapan Belas) penampil dan akan dipandu oleh Dr. La Ode Sumarlin, M.Si. sebagai Reviewer. Pada kluster
Penelitian Pembinaan/ Peningkatan Kapasitas II terdapat 17 (Tujuh Belas) penampil dan akan dipandu oleh Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed. sebagai Reviewer. Kluster berikutnya, Penelitian Dasar Pengembangan Prodi dan Penelitian Dasar Interdisipliner juga terdapat 18 (Delapan Belas) penampil dan akan dipandu oleh Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag. dan Dr. Abdul Wahab, M.Pd. sebagai Reviewers.

Sebagai surprise di penghujung acara pembukaan, LP2M menghadirkan persembahan penampilan bertajuk Lifetime Achievement untuk Bapak Poniman yang tahun ini sudah purna tugas dari institusi yang telah beliau curahkan segala bentuk dedikasinya selama 35 (Tiga Puluh Lima) tahun terakhir ini. Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag. menyerahkan Piagam Penghargaan sebagai bentuk simbolik dari rasa terima kasih civitas akademika IAIN Kendari terhadap pengabdian beliau. Menurutnya, semangat dedikasi Bapak Poniman yang mencurahkan segala usaha untuk hasil pengabdian maksimal patut dicontoh oleh para peneliti.