Rumah Jurnal Jadi Tuan Rumah Rapat Koordinasi Relawan Jurnal Indonesia Wilayah Sultra

Mengusung tema Menyatukan Misi dan Persepsi Pengelolaan Jurnal Elektronik di momen Jumat Jurnal, Rumah Jurnal gelar Temu Wicara dan Rapat Koordinasi bersama pengelola dan pegiat jurnal se-Sulawesi Tenggara.

Kesadaran akan pengelolaan pengelolaan jurnal yang menjadi ujung tombak kualitas penerbitan hasil-hasil penelitian bermutu mendorong IAIN Kendari mengajak seluruh pegiat jurnal di Sulawesi Tenggara untuk merapatkan barisan. Administrasi jurnal bukanlah yang remeh-temeh, banyak kesulitan yang dihadapi oleh para pengelola sehingga komunitas yang mewadahi kegiatan saling bertukar pikiran dipandang sangat perlu. Hal ini yang mendorong LP2M IAIN Kendari melalui Pusat Penelitian dan Penerbitan untuk melaksanakan agenda Temu Wicara dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi dengan seluruh pengelola dan pegiat jurnal di kawasan Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini bertempat di Aula Mini IAIN Kendari bertepatan dengan agenda Jumat Jurnal, 26 April 2019.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah binti Awad, M.Pd. beserta Kapuslitbit LP2M, Dr. Asliah Zainal, M.A.

Dalam pengantarnya, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Kendari, Dr. Asliah Zainal, M.A., menuturkan bahwa standar yang diberlakukan oleh Kemenristekdikti terhadap kualitas publikasi semakin hari semakin meningkat.

Pengelolaan jurnal mengandaikan tanggungjawab yang besar di tangan para pengelola dan pegiat meski secara spesifik hal tersebut diemban tanpa mengharap balasan upah; dasar filosofis itulah yang mewujud dalam komunitas Relawan Jurnal Indonesia

Menurut beliau, oleh sebab banyaknya para pengelola dan pegiat jurnal terutama dari Rumah Jurnal IAIN Kendari yang telah memperoleh pelatihan intensif dari Relawan Jurnal Indonesia pusat, delegasi bimbingan pun diberikan kepada Relawan Jurnal Indonesia kawasan Sulawesi Tenggara.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Mini IAIN Kendari dihadiri oleh para pengelola dan pegiat jurnal baik dari lingkup IAIN Kendari maupun dari seluruh pelosok Sulawesi Tenggara. Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah binti Awad, M.Pd., dalam sambutan beliau menyampaikan apresiasi terhadap Rumah Jurnal IAIN Kendari yang telah menginisiasi kegiatan bernilai positif ini. Menurut beliau, meski para relawan lazimnya bermunculan pada saat musibah menimpa, bukanlah menjadi hal yang mengherankan jika relawan juga mampu unjuk bakti sebagai antisipasi untuk keadaan yang lebih baik ke depannya. Hal ini yang menurut beliau ditunjukkan oleh para punggawa Relawan Jurnal Indonesia kawasan Sulawesi Tenggara. Selanjutnya Rektor IAIN Kendari menghaturkan rasa syukur beliau sebab kegiatan ini digawangi oleh Rumah Jurnal IAIN Kendari.

Para relawan jurnal se-Sulawesi Tenggara

Pada kegiatan yang berlangsung kurang lebih empat jam tersebut, para pengelola dan pegiat jurnal berbagi pengalaman dan saling bertukar pikiran mengenai beberapa masalah yang sering dijumpai. Kegiatan pada kesempatan ini hanyalah sebagai wadah pemantapan koordinasi masing-masing relawan. Menurut Kapuslitbit IAIN Kendari, kegiatan ini akan melahirkan agenda-agenda berikutnya yang mungkin saja dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Agenda-agenda tersebut, menurut beliau, berkaitan dengan masalah-masalah teknis dari pengelolaan administratif Open Journal System. Termasuk di antaranya adalah mendesaknya Digital Object Identifier oleh masing-masing pengelola jurnal sehingga mereka dapat membentuk terbitannya sendiri. “Hal ini pun merupakan bagian yang sangat penting dalam proses akreditasi jurnal,” pungkas beliau.