Jurnal Zawiyah Peroleh Akreditas SINTA 4, Puslitbit LP2M IAIN Kendari Beri Apresiasi

IAIN Kendari kembali menorehkan pencapaian di bidang peningkatan kualitas jurnal yang berada di lingkupnya. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam berhasil memeroleh akreditasi SINTA 4 sebagaimana Pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode IV Tahun 2019 Nomor: B/2493/E5/E5.2.1/2019 yang disampaikan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tertanggal 19 Agustus 2019 lalu.

Perolehan ini memberi angin segar bagi pengelola jurnal di lingkup IAIN Kendari yang terus berupaya meningkatkan peringkat akreditasi sebagai salah satu bentuk komitmen peningkatan kualitas. Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Hj. Faizah binti Awad, M.Pd., mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini. Beliau mengapresiasi usaha yang selama ini ditempuh oleh para pengelola dan pegiat jurnal untuk terus menempatkan IAIN Kendari di jajaran Perguruan Tinggi yang punya komitmen terhadap kualitas.

Saya akan mendukung segala upaya yang dibutuhkan agar proses percepatan akreditasi bagi jurnal-jurnal lainnya sambil terus mengawal jurnal-jurnal yang sudah terakreditasi ini untuk meningkatkan peringkatnya, tandas Rektor IAIN Kendari saat di konfirmasi di sela-sela kesibukannya.

Di tempat terpisah, Koordinator Rumah Jurnal IAIN Kendari, Dr. Asliah Zainal, MA. Mengonfirmasi kabar tersebut seusai memberi selamat kepada para pengelola jurnal Zawiyah. Menurut beliau, proses percepatan akreditasi jurnal memang menjadi prioritas dari seluruh pengelola jurnal. Hal yang senada juga diungkapkan oleh Ketua Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Kendari, Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed., yang menegaskan bahwa kabar gembira ini merupakan jawaban atas kegiatan pendampingan rutin yang dilaksanakan tiap pekan seperti Jumat Jurnal, diskusi lepas bersama para pegiat jurnal, serta koordinasi dengan para Relawan Jurnal di Sulawesi Tenggara. Beliau berharap agar kegiatan-kegiatan positif tersebut tetap berlanjut dan para peserta tetap komitmen untuk mengikutinya.

Para Pengelola Jurnal di lingkup IAIN Kendari saat Workshop Pendampingan Percepatan Akreditasi Jurnal

IAIN Kendari sejauh ini telah berhasil mencatat pencapaian yang signifikan di bidang peningkatan kualitas pengelolaan jurnal ilmiah. Beberapa bulan lalu, di awal tahun 2019, Jurnal Li-Falah sudah terlebih dahulu memeroleh akreditas SINTA 4. Pencapaian itu menyusul beberapa jurnal lainnya yang menerima peringkat akreditasi pada tahun lalu. Berikut informasi peringkat akreditasi jurnal di lingkup IAIN Kendari yang sempat dirangkum redaksi:

  1. Jurnal Langkawi: Journal of the Association for Arabic and English dengan akreditasi SINTA 3;
  2. Jurnal Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian dengan akreditasi SINTA 4;
  3. Jurnal Li-Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam dengan akreditasi SINTA 4;
  4. Jurnal Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam dengan akreditasi SINTA 4; serta
  5. Jurnal Al-Ta’dib dengan akreditasi SINTA 5.

Jurnal yang lain seperti Al-Mundzir, Al-’Adl dan Shautut Tarbiyah untuk sementara ini masih menunggu hasil penilaian Tim Akreditasi. Untuk jurnal-jurnal tersebut, IAIN Kendari akan mengupayakan inisiatif percepatan dalam beberapa waktu ke depan sehingga pengelolaan kualitas jurnal di IAIN Kendari dapat merata.