Sidang Terbuka IAIN Kendari Dalam Rangka Peresmian Penerimaan Mahasiswa-Mahasiswi Baru dan Pembukaan Kuliah Tahun 2019/2020 Digelar Hari Ini

Menyambut Tahun Ajaran Baru 2019/2020 M, IAIN Kendari menggelar Sidang Terbuka. Sidang ini dalam rangka peresmian mahasiswa-mahasiswi baru yang baru saja selesai mengikuti kegiatan PBAK pekan lalu. Peserta didik tersebut akan bergabung dengan para senior mereka di Tahun Ajaran 2019/2020 M.

Rektor IAIN Kendari Beserta Para Wakil Rektor dan Para Dekan

Sidang ini dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Hj. Faizah Binti Awad, M.Pd. yang sebelumnya menampilkan persembahan dari masing-masing perwakilan mahasiswa-mahasiswi di tiap fakultas. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an (Qiro’atul Qur’an) dilantunkan oleh Ustadz Taufik Hidayat, S.Sos.I. dilanjutkan dengan Pembacaan Doa yang dibawakan oleh Ustadz Muhammad Ikbal, M.HI.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Husain Insawan, M.Ag., menyampaikan laporan kegiatan penerimaan mahasiswa-mahasiswi peserta didik tahun ajaran 2019/2020. Dari laporan beliau, diketahui bahwa daya tampung IAIN Kendari tiap tahunnya semakin meningkat. Terlihat dari jumlah mahasiswa-mahasiswi yang jumlahnya tidak hanya semakin bertambah namun juga semakin beragam tiap tahunnya. Tercatat bahwa mahasiswa-mahasiswi yang diterima pada tahun ajaran 2019/2020 ini berasal dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Papua dan Papua Barat.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Hj. Faizah Binti Awad, M.Pd., menyampaikan pidato penyambutan sekaligus secara resmi melantik peserta didik itu dalam statusnya sebagai mahasiswa-mahasiswi baru di kampus IAIN Kendari. Beliau, dalam pidatonya, menitipkan pesan kepada para mahasiswa-mahasiswi untuk terus menunjukkan eksistensinya begitu pun memberi peran signifikan untuk menghadapi tantangan industri 4.0 saat ini. Selain itu, mahasiswa-mahasiswi tidak hanya mesti mumpuni di bidang akademik namun juga harus mengembangkan kontrol dan kepedulian sosial di lingkungan masyarakatnya.

Sidang Terbuka ini juga menampilkan Ustadz Dr. Sulaemang L., M.Th.I. yang menyampaikan Pidato Ilmiah dengan tajuk “Problematika Ikhtiar Penimbunan Barang Pokok Kebutuhan Masyarakat Dalam Perspektif Hadits Nabi SAW“. Setelah itu, Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Dr. H. Herman, M.Pd.I., kemudian melantik sekaligus menyerahkan piagam penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswi terbaik IAIN Kendari yang ditetapkan melalui keputusan Rektor IAIN Kendari.

Rektor IAIN Kendari, sebelum menutup acara secara resmi dan meninggalkan ruangan berpesan kepada seluruh peserta Sidang Terbuka untuk menjaga silaturahim baik di lingkup IAIN Kendari, lingkungan sekitar, maupun kepada seluruh rakyat Indonesia dengan menerapkan prinsip gotong royong dalam toleransi dan keberagaman.