Gelar Konsinyering Desain Penelitian 2020, Puslitbit LP2M IAIN Kendari Pastikan Proposal Yang Terjaring Memenuhi Standar

Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitbit) LP2M IAIN Kendari hari ini, Sabtu 21 September 2019, menggelar kegiatan Konsinyering Desain Penelitian Tahun 2020 yang merupakan tahap awal dari rangkaian seleksi proposal penelitian Litapdimas tahun 2020. Acara pembukaan yang dilaksanakan di Gedung FUAD lantai dasar ini dihadiri oleh seluruh unsur Pimpinan LP2M dan para Reviewer yang akan melakukan penilaian.

Ketua LP2M, Dr.. Abdul Kadir, M.Pd. didampingi oleh Kepala Puslitbit, Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed. dan Kepala PKM, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., menyampaikan bahwa jadwal yang ketat untuk kegiatan pengusulan penelitian tahun 2020 kali ini sebagai langkah taktis mengantisipasi kesiapan konsep penelitian yang diajukan. Hal ini kemudian menegaskan bahwa kualitas penelitian yang diajukan mesti memenuhi kualifikasi standar yang sudah ditetapkan oleh sistem Litapdimas.

Banyak yang mengeluh kepada saya mengenai jadwal kegiatan pengusulan yang terkesan tergesa-gesa. Kami tegaskan bahwa sudah dari awal tahun kami ingatkan untuk mematangkan segala persiapan. Standar kualifikasi penelitian tentu membutuhkan persiapan yang lebih matang.

Dr. Abdul Kadir, M.Pd.

Ketua Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitbit), Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed., memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai tahap-tahap yang mesti dilalui setiap judul proposal; mulai dari seleksi administrasi, kelayakan, cek plagiasi, hingga kematangan konsep dan muatannya. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan tahap lanjut dari tahap seleksi kelayakan dan penilaian muatan proposal oleh masing-masing Reviewer yang telah ditunjuk.

Acara pembukaan kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari tiap-tiap pengusul proposal yang dinilai langsung oleh para Reviewer. Presentasi dilakukan di dua ruang terpisah berdasarkan disiplin keilmuan dan tema penelitian yang diangkat. Forum 1 ditempatkan di Gedung FUAD 103 dan disaksikan oleh Reviewer Dr. La Ode Sumarlin, M.Si. dan Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed. sedangkan Forum 2 ditempatkan di Gedung FUAD 105 dan disaksikan oleh Reviewer Prof. Nurdin, M.Com.,PhD. dan Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I.

Kegiatan presentasi akan dilakukan selama dua hari dimulai Sabtu, 21 September hingga Ahad, 22 September 2019.