Ketua PKM Semarakkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Bersama Mahasiswa(I) IAIN Kendari

Maulid Nabiyullah Muhammad SAW merupakan momentum bagi umat beliau untuk bertafakur mengenang bagaimana sebuah kesederhanaan mampu membuat perubahan besar terhadap peradaban manusia. Orang yang dimuliakan oleh Allah SAW lewat risalah Islam ini menunjukkan kepada dunia bagaimana seorang figur bersahaja di tengah dunia yang tandus, oleh iman dan kemuliaan, membawa secercah harapan lewat Islam sebagai Rahmatan Lil ‘Alamiin.

Kepala PKM, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I. bersama Panitia dan Tamu Undangan Lainnya.

Melalui momentum tersebut, Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh DEMA IAIN Kendari bertempat di Auditorium IAIN Kendari hari ini, Senin, 11 November 2019. Di depan mahasiswa dan mahasiswi IAIN Kendari, beliau didaulat untuk membacakan Doa di malam penuh khidmat tersebut.

Kepala PKM sesaat sebelum membacakan doa.

Pada kesempatan ini, Ustad Dr. H. Ahmad Baharuddin, Lc.,M.Th.I. didaulat oleh panitia kegiatan untuk membawakan kuliah singkat berkaitan dengan renungan perjalanan Nabi besar Muhammad SAW menempuh suka duka mengemban amanah Islam ke seluruh alam semesta. Beliau berpesan kepada para mahasiswa(i) untuk meneladani kesabaran Nabi besar dalam menjalani cobaan hidup. Bahkan, dengan kesederhanaan dan pembawaan tenang beliau mampu mengonversi ujian menjadi berkah yang menginspirasi umat hingga hari ini.

Renungan hikmah Maulid oleh Ustad Ahmad.

Kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa(i) dari seluruh Program Studi di IAIN Kendari ini juga menampilkan persembahan kreasi berupa hiasan dekorasi yang di Sulawesi Tenggara disebut dengan Male. Tak hanya itu, masing-masing perwakilan yang menampilkan kreasi juga diberi kesempatan untuk menjelaskan filosofi di balik pola desain yang mereka sematkan.

Untuk semakin memeriahkan suasana, Wakil Dekan III FTIK, Dr. Abbas Tekeng, M.Pd. dan Kabag TU FUAD, Amin Nasir, S.Ag. bersama Ust. Dr. H. Ahmad Baharuddin, M.Th.I. bertindak sebagai tim juri yang memberikan penilaian terhadap kreasi dekorasi para peserta kegiatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW ini. Tampak dalam sesi tersebut Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., turut memberi semangat kepada para penampil.

Kepala PKM menyaksikan penampilan mahasiswa(i).
Juara I kreasi dekorasi Male dimenangkan oleh Tim dari Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari.

Kegiatan yang berlangsung mulai dari pukul 20.00 setelah shalat Isya ini berakhir pada pukul 22.00 dengan tertib.