Beri Penguatan Ibadah Dari Rumah, LP2M Gandeng Dua Pakar Fiqih Jabarkan Fiqih Pandemi

Kontrol penyebaran Covid-19 melalui pembatasan jarak interaksi fisik serta pemberlakuan kuncitara (lockdown) tidak pelak berujung dilema bagi sebagian besar masyarakat. Terlebih dengan sepakatnya seluruh tokoh publik dan tokoh politik berikut Pemerintah (Umara’) dan Cendekiawan (Ulama’) tentang kebijakan tersebut membuat masyarakat tidak punya pilihan selain taat melaksanakan anjuran itu.

Pra Daurah Ramadhan Korner (Drakor) Melalui Perangkat Lunak Zoom

Meski demikian, kebiasaan bukanlah sesuatu yang mudah diabaikan begitu saja. Masih banyak yang melanggar anjuran karena tidak dapat menahan diri. Apalagi anjuran itu mencakup pula pembatasan ibadah dengan melaksanakan ritual ibadah di rumah, yang bagi sebagian komunitas muslim Indonesia, merupakan hal yang melibatkan prinsip.

Daurah juga dapat disaksikan melalui Channel YouTube LP2M IAIN Kendari

Melihat fenomena yang berkembang di masyarakat ini, LP2M IAIN Kendari melakui Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat menyelenggarakan Pra Daurah Ramadhan Korner (Drakor) bertajuk Fiqih Pandemi Perspektif Mazhab Qauli dan Manhaji hari ini, tanggal 9 Mei 2020. Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. menegaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya tetap memiliki komitmen kuat mengejewantahkan misi IAIN Kendari mengayomi masyarakat meski harus bekerja dari rumah (WFH).

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M. Pd. memberikan maklumat.

Materi pada daurah daring tersebut dibawakan oleh Dr. M. Ali Rusdi Bedong (Dosen Fiqih IAIN Pare-Pare) dan Dr. H. Ahmad, Lc., M.H.I (Dosen Fiqih IAIN Kendari). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui perangkat lunak Zoom dan dapat pula disaksikan di Youtube berlangsung selama kurang lebih 90 menit mulai pukul 2.00 siang hingga pukul 3.30 sore. Kegiatan yang dimulai penjabaran materi dan diikuti sesi tanya jawab diikuti setidaknya seratus orang penyimak.

Dua pakar fiqih saat membawakan materi daurah, Dr. M. Ali Rusdi dan Dr. Ahmad, Lc, M.H.I.

Ketua Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I. ketika menutup pra daurah ini menambahkan bahwa kegiatan hari ini merupakan rangkaian awal dari safari Drakor yang secara khusus diprogramkan di bulan Ramadhan ini. Sebagai informasi bahwa PkM menargetkan 6 (enam) Drakor dalam sepuluh hari ke depan. Beliau berharap program ini memberi manfaat maksimal kepada masyarakat.

Bagi yang ingin menyaksikan daurah ini dapat menuju tautan berikut:

https://youtu.be/q_lGsd8j1Z0