Drakor Episode 2 Semakin Diminati, Ulas Strategi Penelitian dan Pengabdian Di Musim Pandemi

Dunia pasca Covid-19 tidak akan lagi pernah sama. Segala bentuk normalitas yang kita kenal sebelumnya akan menjadi arsip dari suatu periode sejarah. Hal ini berlaku ke segala sisi kehidupan dan memaksa seluruh institusi penopangnya untuk menyesuaikan diri. Demikian pula dengan tradisi akademik yang selama ini berjalan tidak lagi kita kenali dan mau tidak mau mesti dihadapi dengan strategi yang sama sekali baru.

Live-Streaming Youtube Drakor Episode 2

Hal yang demikian tentu pula berlaku pada tradisi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di musim pandemi Covid-19. Institusi pendidikan tinggi dituntut untuk melaksanakan program terkait dengan menyesuaikan kondisi yang sementara berlangsung. Kebijakan kuncitara dan pembatasan kegiatan sosial berskala besar tentu membatasi mobilitas fisik untuk menjalankan program-program yang ada sebagaimana biasanya. Meski demikian, tidak berarti bahwa program-program tersebut mesti dibatalkan namun sedapat mungkin menyesuaikan dengan memanfaatkan infrastruktur yang ada termasuk di antaranya infrastruktur teknologi informasi.

Dr. Samrin, M.Pd.I., Sekretaris LP2M IAIN Kendari, memandu jalannya Drakor

Hal ini disadari oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Kendari sebagai isu yang cukup seksi untuk didiskusikan. Sebagai realisasi, LP2M melalui Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat mengangkat tajuk “Penelitian dan Pengabdian di Musim Pandemi Covid-19: Peluang dan Tantangan” pada serial Daurah Ramadhan Korner (Drakor) Episode 2 dengan mengundang dua pakar yang kompeten di bidang masing-masing. Drakor Episode 2 ini tayang secara langsung melalui layanan Zoom dan Youtube Live sejak pukul 14.00 WITA hari ini, Kamis, 14 Mei 2020.

Penyaji materi pertama, Dr. Muhammad Zain, M.Ag. saat memaparkan materi.

Dr. Muhammad Zain, M.Ag. yang merupakan Kepala Puslitbang LKKMO Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI didaulat menjadi pemateri pertama. Beliau banyak membahas tentang keharusan dinamisasi pelaksanaan program-program Tri Daharma PT yang menyesuaikan kondisi yang sementara dihadapi. Pemateri kedua, Dr. Saifuddin Zuhri Qudsy, MA. yang merupakan Dosen dan Peneliti dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta menyajikan materi bahasan Living Qur’an dalam berbagai konteks yang sebenarnya telah terinternalisasi dalam kultur serta kebiasaan kita sehari-hari.

Dr. Saifuddin Zuhri sebagai penyaji materi kedua.

Drakor Episode 2 ini sukses mengikuti tren dari episode-episode sebelumnya dengan jumlah penyimak yang terus meningkat. Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., memberikan komentar di penghujung daurah dengan menghaturkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyimak yang berasal dari berbagai daerah dengan latar belakang yang juga beragam. Beliau menuturkan bahwa tren ini menjadi motivasi tersendiri bagi LP2M untuk meningkatkan layanan pada episode-episode Drakor ke depannya.

Para penyaji materi pada tampilan aplikasi Zoom

Sebagai informasi, LP2M IAIN Kendari kembali menayangkan Drakor Episode 3 pada hari Sabtu, 16 Mei 2020 yang informasi registrasi dapat dicek pada tautan berikut:
Drakor Episode 3: Dinamika & Kompleksitas Riset
diikuti Drakor Episode 4 esok harinya, Ahad, 17 Mei 2020 yang dapat dicek pada tautan berikut:
Drakor Episode 4: Agama & Budaya Era Post-Truth
Bagi yang tidak sempat mengikuti Drakor Episode 2 yang ditayangkan hari ini, dapat menyaksikan Channel Youtube LP2M IAIN Kendari dengan menuju tautan berikut:

https://youtu.be/cnemBlDa8-A