Pendaftaran KKN-DR Sudah Terbuka, Berikut Persyaratannya

Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu bentuk program yang menjadi jembatan pengabdian bagi Perguruan Tinggi untuk menjangkau masyarakat secara langsung lewat dedikasi mahasiswa-mahasiswi. Program yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun akademik ini merupakan wadah bagi mahasiswa dan mahasiswi IAIN Kendari untuk terjun ke masyarakat menerapkan semua ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah.

KKN-DR ini dirancang untuk menyesuaikan kebijakan PSBB yang masih berlangsung. Petnjuk Teknisnya sudah disiapkan untuk membantu para calon peserta KKN-DR ini merancang program kerja masing-masing.

Dr. Abdul Kadir, M.Pd., Ketua LP2M IAIN Kendari

Meski pandemi Covid-19 belum berakhir dan mengharuskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), LP2M IAIN Kendari melalui Pusat Pengabdian kepada Masyarakat tetap berkomitmen melaksanakan KKN-DR, suatu format KKN yang dilaksanakan Dari Rumah. KKN-DR ini cukup istimewa ketimbang tahun-tahun sebelumnya karena mempunyai basis pelaksanaan yang beragam. Menurut Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., KKN-DR ini menawarkan tiga macam basis kegiatan pelaksanaan yaitu Berbasis Daring (Dalam Jaringan/ Online), Berbasis Luring (Luar Jaringan/ Offline), dan Berbasis Riset.

Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. saat menjelaskan detail teknis rencana pelaksaan program KKN-DR.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., menegaskan bahwa KKN-DR ini jangan dimaknai sebagai program yang bisa dijalankan dengan santai. “Banyak yang mengira bahwa KKN-DR ini cuma sekadar bersantai di rumah atau di kampung mengerjakan pekerjaan rumah padahal maksudnya adalah kreativitas dan komitmen pengabdian untuk masyarakat sekitar domisili mahasiswa-mahasiswi yang dimulai dari rumah. Jadi bukan tinggal di rumah tapi berangkat dari rumah,” tegas beliau. Kreativitas dan komitmen untuk menggunakan segala sumber daya yang ada namun ditujukan untuk item-item kegiatan pengabdian yang maksimal merupakan ruh dari KKN-DR ini.

Kepala PkM, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I. saat pelepasan Peserta KKN tahun lalu.

Untuk diketahui, pendaftaran Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) sudah mulai dapat diakses mulai hari ini, Rabu, 24 Juni 2020, melalui Sistem Informasi Akademik IAIN Kendari di tautan: https://sia.iainkendari.ac.id/ dan akan berlangsung selama 10 (sepuluh) hari ke depannya.

Bagi mahasiswa dan mahasiswi IAIN Kendari yang ingin mendaftarkan diri pada program KKN-DR ini hendaknya memperhatikan beberapa persyaratan administrasi yang perlu disiapkan dokumennya. Persyaratan itu mencakup Salinan Bukti Pembayaran UKT Semester Berjalan, Mencukupi Minimal SKS yang telah diselesaikan, dan Rekomendasi Mengikuti KKN-DR dari Program Studi masing-masing.