Calon Peserta KKN-DR Tahun 2020 Dibekali Teknik Menulis Karya di Pembekalan Sesi 2 (Dua)

Pembekalan KKN-DR Tahun 2020 sesi 2 (dua) digelar hari ini Sabtu (04-07-2020) secara virtual melalui meeting room Zoom oleh Pusat Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan pembekalan ini mengusung topik Tema, Program, dan Teknik Penyusunan Laporan KKN-DR Tahun 2020. Kegiatan pembekalan ini dimulai tepat pukul 09.00 WITA dan dihadiri sekitar 800an calon peserta KKN-DR Tahun 2020.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., saat membawakan materi pembekalan.

Pada kesempatan kali ini, kegiatan pembekalan menghadirkan dua narasumber yaitu Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., dan Fahmi Gunawan, M.Hum. Kedua narasumber berbicara tentang bagaimana merancang program kerja yang sesuai dengan tema KKN-DR Tahun 2020 dan kompetensi program studi masing-masing. Secara khusus, peserta KKN-DR Tahun 2020 dipandu untuk membuat dokumentasi kegiatan serta merangkum semua proses yang dilakukan selama kegiatan ke dalam laporan kegiatan akhir. Terlebih pada program KKN-DR Tahun 2020 ini ada yang berbasis Riset dan Karya Tulis sehingga perlu mendapat petunjuk mengenai standar penulisan karya tulis ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dr. Abbas, M.Pd. yang menjadi moderator mengingatkan para peserta kegiatan pembekalan sesi 2 (dua) untuk memperhatikan dengan seksama petunjuk teknis yang sudah dibagikan sebagai panduan untuk menentukan pilihan basis KKN-DR dari tiga pilihan basis yang ada. Dr. Abdul Kadir, M.Pd. yang memulai sesi pemaparan menjelaskan bahwa tema yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama merupakan tema yang menyesuaikan dengan kondisi dan konteks sekarang ini. Sehingga apapun pilihan basis KKN-DRnya tetap harus mengusung tema yang telah ditentukan. Selain itu, beliau mengingatkan untuk menetapkan pilihan basis KKN-DR dengan mempertimbangkan status daerah domisili masing-masing. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah tetap menjadi perhatian utama seluruh calon peserta KKN-DR tahun ini. Beliau menegaskan bahwa meski kegiatan pengabdian masyarakat tetap harus berjalan bagaimanapun kondisinya, keselamatan peserta KKN-DR selama masa pandemi juga merupakan prioritas utama.

Para peserta kegiatan pembekalan sesi 2 (dua).

Melanjutkan apa yang disampaikan oleh Ketua LP2M, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., menegaskan bahwa seluruh komponen pelaksanaan KKN-DR Tahun 2020 telah dituangkan secara komprehensif ke petunjuk teknis. Oleh karena itu, penting untuk peserta KKN-DR agar memperhatikan petunjuk yang ada dan selalu melakukan konsultasi ke DPL masing-masing. Beliau juga mengingatkan untuk selalu mengecek status registrasi di Sistem Informasi Akademik agar hal-hal yang sifatnya administratif tidak menjadi hambatan bagi peserta KKN-DR di kemudian hari. Ke depannya, beliau menyarankan peserta KKN-DR tahun 2020 untuk menargetkan program kerja untuk menelurkan karya kreatif dengan memaksimalkan potensi dan sumber daya yang ada.

Selanjutnya, Fahmi Gunawan, M.Hum. lebih banyak berbicara tentang teknik penulisan karya tulis ilmiah yang berterima dan dapat dipertanggungjawabkan. Memulai bahasannya, beliau menunjukkan beberapa destinasi penerbit dan terbitan yang mempublikasikan kumpulan tulisan-tulisan mahasiswa(i) yang telah memenuhi standar tertentu. Beliau menegaskan bahwa yang perlu diperhatikan ketika melakukan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset adalah data dan bagaimana mengumpulkan data tersebut. Lebih lanjut beliau menegaskan bahwa inovasi yang dituangkan ke dalam tulisan tentu mesti merujuk pada perumusan terhadap masalah yang muncul sebelumnya. Sehingga selain melihat kondisi sekarang, juga harus melihat kekurangan dari inovasi sebelumnya. Peserta kegiatan dipandu dengan seksama melalui contoh penggunaan aplikasi dan writing tools lainnya yang bisa menjadi panduan bagi mahasiswa-mahasiswi dalam mengembangkan tulisannya. Beliau menegaskan bahwa hanya dibutuhkan semangat dan ketekunan dengan memanfaatkan waktu luang yang ada.

Slide yang ditunjukkan oleh Fahmi Gunawan, M.Hum. saat kegiatan pembekalan

Kegiatan pembekalan KKD-DR Tahun 2020 Sesi 2 (dua) ini berlangsung hingga pukul 12.00 WITA. Bagi peserta kegiatan pembekalan KKN-DR Tahun 2020 Sesi 2 (dua) yang telah mengisi Daftar Hadir melalui formulir GForm yang dibagikan saat kegiatan berlangsung dapat mengecek inbox e-mail masing-masing atau menuju tautan berikut untuk mengecek sertifikat keikutsertaan:

https://drive.google.com/drive/folders/1DQ8NIn79kklRHdaeylbIXwoNt_vps1Jr?usp=sharing