Calon Peserta KKN-DR Tahun 2020 Bertemu DPL Masing-Masing di Pembekalan Sesi 3 (Tiga)

Pembekalan KKN-DR Tahun 2020 merupakan salah satu rangkaian kegiatan KKN-DR Tahun 2020 yang terbagi ke dalam tiga sesi. Sesi perdana digelar pada Jumat (3/7/2020) dan sesi 3 (tiga) digelar hari ini (5/7/2020) dimulai sejak pukul 08.00 WITA. Seluruh rangkaian sesi pembekalan dilaksanakan secara digital melalui meeting room aplikasi Zoom dan untuk hari ini, pembekalan dilakukan peserta kegiatan secara terpisah bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) masing-masing. Untuk diketahui bahwa pengelompokan calon peserta KKN-DR Tahun 2020 telah dilakukan oleh Pusat Pengabdian kepada Masyarakat sejak pembekalan sesi 2 (dua) berakhir.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., melakukan pemantauan kegiatan pembekalan sesi 3 secara digital.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., menyebutkan bahwa proses verifikasi yang cermat membutuhkan waktu yang cukup lama. “Panitia sudah bekerja semaksimal mungkin untuk memastikan seluruh rangkaian program KKN-DR Tahun 2020 berjalan sesuai jadwal. Oleh karena itu, saya instruksikan Ketua Panitia untuk memastikan segala hal sebelum calon peserta KKN-DR Tahun 2020 bertemu DPL masing-masing hari ini,” tegas beliau. Sejak pendaftaran ditutup pada Kamis (2/7/2020) lalu, Panitia masih terus mendata mahasiswa-mahasiswi yang menemui kendala teknis sehingga tidak dapat melakukan registrasi daring mandiri lewat Sistem Informasi Akademik. Dengan demikian, panitia terus berupaya membantu registrasi calon peserta KKN-DR dan memastikan mereka semua mengikuti pembekalan.

Salah seorang DPL, Aminudin S.Ag, MA, saat melakukan pembekalan bersama mahasiswa-mahasiswi bimbingannya.

Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., mengatakan bahwa pembekalan hari ini bertujuan untuk memastikan mahasiswa-mahasiswi calon peserta KKN-DR Tahun 2020 telah menetapkan pilihan basis KKN-DR berdasarkan pemahaman yang utuh. “DPL bertugas untuk menjelaskan secara detail apa yang sudah disampaikan pada sesi pembekalan sebelumnya dengan tentu merujuk kepada Petunjuk Teknis yang jauh hari telah disebar ke mahasiswa(i). Hal ini penting untuk memastikan bahwa mereka telah memahami betul segala aspek KKN-DR Tahun 2020 ini sebelum merancang program kerja mereka,” beliau jelaskan. Sejak pagi tadi, calon peserta KKN-DR Tahun 2020 yang telah dibagi ke dalam 45 kelompok telah melakukan pembekalan dengan DPL masing-masing.

Pada pembekalan kali ini, Panitia menegaskan bahwa calon peserta KKN-DR Tahun 2020 mesti memperhatikan dengan seksama input dari formulir yang dibagikan. Sebab pilihan yang dimasukkan pada setiap isian di formulir tersebut tidak lagi dapat diubah. Penting untuk diketahui bahwa hari ini ada dua formulir yang dibagikan oleh Panitia selama kegiatan pembekalan berlangsung. Formulir pertama merupakan Daftar Hadir yang nantinya akan membuktikan keikutsertaan peserta kegiatan melalui sertifikat dan formulir kedua bertujuan untuk menetapkan simpulan dari pilihan-pilihan yang terlebih dahulu diinput oleh peserta pada sesi-sesi pembekalan sebelumnya. Selanjutnya, formulir itu akan menyediakan Surat Keterangan bagi masing-masing calon peserta program KKN-DR Tahun 2020 yang akan melengkapi Surat Pengantar dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).

Bagi peserta kegiatan pembekalan KKN-DR Tahun 2020 sesi 3 (tiga) bersama DPL hari ini yang telah mengisi Daftar Hadir melalui tautan Google Form, dapat menuju laman berikut untuk mengecek dan mengunduh Sertifikat Keikutsertaan mereka:

https://drive.google.com/drive/folders/1lm96aN8X2ie6DzB2bQuNFhXwVe9iSilo?usp=sharing

Peserta kegiatan yang telah mengisi Daftar Hadir dan telah menetapkan pilihan akhir dari opsi program KKN-DR Tahun 2020 yang ada dan telah mengisi formulir melalui tautan Google Form, dapat mengecek dan mengunduh Surat Keterangan mereka di laman berikut:

https://drive.google.com/drive/folders/1Em8PdyGyxqP1t7z8LffwLLXqDTBg2cZY?usp=sharing

Surat Keterangan di atas dapat diunduh dan dicetak dalam ukuran kartu untuk digunakan sebagai tanda kepesertaan dalam program KKN-DR Tahun 2020 sebagai pelengkap dari Surat Pengantar dari LP2M yang juga dapat diunduh pada laman berikut:

https://drive.google.com/file/d/1c9UAl34nvDcvydkLJ11O_su5xUelodFt/view?usp=sharing

Baik Surat Pengantar dari LP2M dan Surat Keterangan tersebut dapat ditunjukkan ke Otoritas Lokal/ Setempat sebagai dokumen legal untuk keperluan pelaksanaan program KKN-DR Tahun 2020. Panitia juga menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan KKN-DR Tahun 2020 ini, peserta dapat mengakses laman http://kkn.iainkendari.ac.id/ untuk menyetorkan Laporan Kegiatan Harian (LKH) dengan melakukan login dengan akun pengguna SIA masing-masing.