Puslitbit LP2M Gelar Webinar Pekan Utama OJS Sesi 1

Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitbit) LP2M IAIN Kendari menggelar serangkaian Webinar dengan tajuk Program Peningkatan Mutu Manajemen Jurnal OJS atau disingkat Pekan Utama OJS yang Sesi 1 tayang hari ini Selasa (21-07-2020). Kegiatan webinar yang dilaksanakan secara digital melalui aplikasi konferensi online Zoom ini menghadirkan Prof. Dr. Irwansyah, SH.,MH. yang merupakan Editor in Chief Jurnal Hasanuddin Law Review sekaligus Asesor Jurnal Berkala Ilmiah dan Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. selaku Rektor IAIN Kendari sebagai narasumber kegiatan.

Para peserta webinar Pekan Utama OJS Sesi 1 di meeting room aplikasi Zoom

Webinar ini terbuka kepada umum meski sasarannya adalah pengelola jurnal atau pemerhati di bidang ini. Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., mengatakan bahwa sejatinya kegiatan ini diselenggarakan untuk memantik semangat dari para pengelola jurnal nasional agar ke depannya mampu bersaing dengan jurnal-jurnal bereputasi lainnya dari luar negeri. “Kita punya potensi baik sumber daya maupun perangkat teknologis yang mendukung untuk meningkatkan marwah jurnal nasional di tingkat global, perlu kita manfaatkan dengan baik dan untuk itu kegiatan serial webinar ini kita realisasikan,” tandas beliau.

Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. sesaat sebelum webinar dimulai.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08:30 WITA ini dipandu oleh Sekretaris LP2M IAIN Kendari, Dr. Samrin, M.Pd.I. dan dihadiri oleh peserta dari berbagai instansi dalam negeri. Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitbit) LP2M IAIN Kendari, Dr. Wahyudin Maguni, SE., M.Si., menjabarkan bahwa kegiatan ini memang dibagi ke beberapa seri agar peserta dapat mendapatkan beragam sudut pandang serta wawasan sehingga nantinya akan mendapatkan pemahaman yang utuh.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. saat menyapa peserta kegiatan webinar.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd., yang memulai sesi pembahasan dengan menjabarkan Peran Strategis Jurnal OJS di PTKIN. Beliau merujuk pada beberapa regulasi yang bersinggungan dengan kualitas jurnal dengan nilai akreditasi terhadap peran Perguruan Tinggi. Menurut beliau, manajemen jurnal sudah merupakan tuntutan yang wajib dipenuhi oleh seluruh Perguruan Tinggi karena menyangkut kebutuhan, suasana kompetitif, serta nilai-nilai yang dijunjung oleh seluruh civitas academica. Ada tiga hal yang menjadi pokok perhatian beliau terkait strategi yang bisa ditempuh pengelola OJS untuk menjadi lebih kompetitif yaitu keunggulan biaya, nilai diferensiasi, serta fokus yang dituju. Sebab seluruh jurnal tentu akan menargetkan akreditasi dan reputasi sehingga perlu rencana strategis yang matang. IAIN Kendari sendiri sampai hari ini sudah berhasil menelurkan jurnal terakreditas dan bereputasi yang peringkatnya akan dikembangkan ke depannya.

Prof. Dr. Irwansyah, SH., MH. saat memaparkan materi.

Pada bagian berikutnya, Prof. Dr. Irwansyah, SH., MH., memulai penjelasannya dengan Strategi Menulis di Jurnal. Menulis jurnal sudah merupakan tugas utama Dosen dan Profesi lainnya untuk memastikan pengetahuan yang mereka miliki dapat tersebar luas dan bermanfaat kepada masyarakat secara umum. Beliau juga memaparkan indikator penilaian naskah artikel yang bisa dipertimbangkan untuk diterbitkan. Hal ini penting diketahui oleh seluruh pengelola jurnal agar terbitan jurnalnya memang memuat artikel-artikel berkualitas yang layak diterbitkan. Sebab hal itu akan berdampak terhadap proses peningkatan peringkat akreditasi jurnal bersangkutan. Selain itu, beliau juga menunjukkan elemen dan struktur dari artikel ilmiah yang penting untuk diketahui. Hal-hal ini lah yang nantinya menjadi pertimbangan bagi pengelola jurnal ketika menerima naskah agar selain memastikan tradisi berpikir ilmiah tetap pada standarnya juga memastikan jurnal yang dikelolanya tetap mampu mempertahankan reputasinya.

Salah satu tampilan slide oleh Prof. Irwansyah saat membawakan materi.

Bagi peserta yang ingin mengkaji materi narasumber lebih lanjut dapat mengunduh materi presentasi narasumber pada tautan-tautan berikut:

Slide Materi Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. (Rektor IAIN Kendari)

Slide Materi Prof. Dr. Irwansyah, SH., MH. (Asesor Jurnal Berkala Ilmiah)

Kegiatan webinar ini menyediakan sertifikat bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini hingga akhir. E-Sertifikat tersebut dapat peserta daaptkan dengan menghubungi Panitia Kegiatan Webinar di Nomor HP (082191323393), melalui alamat E-Mail LP2M IAIN Kendari di lppm_iainkendari@yahoo.com, atau dapat mengecek E-Sertifikat dengan nama bersangkutan pada folder Google Drive di tautan berikut:

Folder E-Sertifikat Webinar OJS Sesi 1