Pantau Progres KKN-DR Tahun 2020, PkM LP2M Gelar Rapat Bersama DPL

Sejak kegiatan pelepasan pada Senin tanggal 06 Juli 2020 lalu, Program Kuliah Kerja Nyata-Dari Rumah (KKN-DR) Tahun 2020 sudah berlangsung selama sebulan penuh. Dilansir dari situs KKN IAIN Kendari, terunggah beragam program kerja yang telah dilaksanakan oleh masing-masing peserta. Perlu dicatat bahwa situs tersebut dikembangkan oleh LP2M bersama Tim IT IAIN Kendari untuk memfasilitasi mahasiswa-mahasiswi peserta KKN-DR Tahun 2020 untuk mengunggah seluruh kegiatan yang dilaksanakannya berkaitan dengan Program Kerja KKN-DR Tahun 2020 sesuai direncanakan dan dikonsultasikan bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) masing-masing.

Para peserta rapat monev bersama DPL secara virtual melalui Zoom.

Meski demikian, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., tetap memastikan bahwa Program KKN-DR tahun 2020 ini tetap berjalan sesuai petunjuk teknis yang telah dibuat dan disebar ke masing DPL maupun peserta. Salah satu langkah untuk memastikan hal tersebut, Kepala PkM telah membuat daftar peserta KKN-DR Tahun 2020 berdasarkan jumlah Laporan Kegiatan Harian (LKH) yang telah diunggah ke situs KKN IAIN Kendari. Daftar tersebut dan laporan terkait kegiatan KKN-DR Tahun 2020 lainnya kemudian disampaikan serta dibahas bersama DPL di rapat bersama DPL yang dilaksanakan hari ini, Jumat tanggal 07 Agustus 2020.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. menyampaikan bahwa rapat bersama DPL ini sejatinya merupakan rangkaian yang wajib dilaksanakan selama Program KKN-DR Tahun 2020. Sebagai langkah pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi, rapat kali ini secara khusus membahas termuan beberapa peserta KKN-DR Tahun 2020 yang sama sekali belum mengunggah Laporan Kegiatan Harian (LKH) yang mereka laksanakan sebagai implementasi program kerja KKN-DR Tahun 2020 ke situs KKN IAIN Kendari. Perlu dicatat bahwa unggahan dokumentasi kegiatan LKH ini wajib dilengkapi oleh seluruh peserta KKN-DR Tahun 2020 sebgai syarat kelulusan. Dari data yang disampaikan oleh Kepala PkM, terdapat sejumlah 96 peserta KKN-DR Tahun 2020 yang belum mengunggah LKH sama sekali sehingga hal ini tentu perlu menjadi perhatian bagi seluruh komponen pelaksana Program KKN-DR Tahun 2020 ini.

Rapat Monev Program KKN-DR Tahun 2020 ini diikuti oleh internal LP2M, Panitia, dan DPL

Meski demikian, rapat monitoring dan evaluasi bersama DPL yang diinisiasi oleh Pusat Pengabdian kepada Masyarakat ini juga membahas hal-hal teknis lainnya terkait pelaksanaan KKN-DR Tahun 2020 sejauh ini. Terutama terkait kegiatan dari program kerja yang menemui kendala di lapangan atau situasi dan kondisi lainnya yang menjadi masalah sehingga program kerja tidak dapat diimplementasikan dengan baik. Sebagai informasi, rapat ini diikuti oleh ASN dan staf LP2M IAIN Kendari bersama Panitia dan DPL KKN-DR Tahun 2020.