Jelang Penarikan, LP2M Gelar Rapat Evaluasi Bersama Peserta KKN-DR Tahun 2020

Sejak kegiatan pelepasan peserta KKN-DR Tahun 2020 pada Senin, 6 Juli 2020 lalu, tak terasa program KKN-DR Tahun 2020 telah berjalan sekitar 40 hari. Berbagai program kerja telah diimplementasikan di lokasi masing-masing peserta sesuai pilihan skema KKN-DR yang telah dipilih. LP2M melalui Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) terus mengawasi jalannya program ini bersama Panitia dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang telah ditunjuk. Beberapa hari yang lalu, tepatnya Jumat, 7 Agustus 2020, LP2M telah meggelar rapat bersama DPL terkait kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dan darip rapat tersebut dibahas beberapa peserta KKN-DR tahun 2020 yang masih belum mengunggah Laporan Kegiatan Harian (LKH) mereka ke situs KKN.

Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., saat memberikan sambutan.

Rapat bersama DPL tersebut terbukti membuahkan hasil. Hingga hari ini, dari total 96 peserta KKN-DR yang sama sekali belum mengunggah LKH di situs KKN telah berkurang menjadi total 24 orang. Untuk memantapkan keberhasilan jalannya program, PkM LP2M kembali menggelar rapat bersama DPL dan seluruh peserta KKN-DR Tahun 2020 hari ini Selasa, 18 Agustus 2020. Rapat yang melibatkan seluruh peserta KKN-DR Tahun 2020 ini membahas berbagai hal terutama yang terkait dengan persiapan penyusunan dan pengunggahan Laporan Akhir ke akun Sistem Informasi Akademik (SIA) masing-masing peserta KKN-DR Tahun 2020.

Kepala PkM, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., saat memberikan penjelasan kepada para peserta rapat.

Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., menegaskan bahwa peserta KKN-DR Tahun 2020 yang tidak mengunggah LKH mereka sama sekali selama program KKN-DR berlangsung dianggap tidak melaksanakan KKN-DR Tahun 2020 sehingga akan dinyatakan tidak lulus. Beliau juga mengingatkan bahwa program KKN-DR Tahun 2020 akan segera berakhir dan kegiatan penarikan Insya Allah akan dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Agustus 2020. Oleh karena itu, seluruh peserta KKN-DR Tahun 2020 diminta untuk lebih mengintensifkan konsultasi bersama DPL terkait program kerja yang belum diselesaikan akan belum terunggah ke situs KKN. Beliau mengingatkan para peserta KKN-DR Tahun 2020 untuk mulai menggarap laporan akhir yang akan diunggah sebagai salah satu syarat dokumen untuk kelulusan pada program KKN-DR Tahun 2020 ini.

Salah satu poin bahasan dalam rapat bersama DPL dan seluruh peserta KKN-DR Tahun 2020

Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., pada rapat tersebut kembali menayangkan progres dari pelaporan pada kegiatan rapat Monitoring dan Evaluasi pada pekan sebelumnya. Meski peningkatannya cukup signifikan, namun beliau menegaskan bahwa masih terdapat beebrapa peserta yang masih kurang jumlah unggahan LKHnya atau bahkan belum mengunggah LKH sama sekali. Oleh karena itu, di sisa hari pelaksanaan program KKN-DR Tahun 2020 ini, para peserta diharapkan merampungkan LKH dan mulai merapikan dokumen terkait penyusunan Laporan Akhir.

Para peserta rapat bersama DPL dan Peserta KKN-DR Tahun 2020

Kepala Pusat PkM ini juga mengingatkan bahwa peserta disarankan untuk menyertakan data estimasi biaya dari implementasi program kerja yang dijalankan sebagai informasi yang bisa jadi pertimbangan khusus dalam pelaksanaan program KKN-DR Tahun 2020 secara umum. Pada rapat bersama DPL dan seluruh peserta KKN-DR Tahun 2020 tersebut, banyak peserta yang mengeluhkan sulitnya mengunggah LKH ke laman situs KKN meski pada saat proses mengunggah para peserta KKN-DR Tahun 2020 sedang menggunakan koneksi internet yang cukup stabil. Terkait hal ini, Panitia menyebutkan bahwa masalah tersebut dapat saja berasal dari Server dari laman situs KKN seperti beban Bandwith karena bayaknya akses yang dilakukan pada saat bersamaan atau beban penyimpanan dari Server itu sendiri. Mengonfirmasi hal tersebut, LP2M telah menegaskan komitmen untuk memperbaiki sekaligus terus berupaya meningkatkan layanan program KKN ke depannya.

Pak Tomi Irawan Patra saat memberikan penjelasan kepada peserta KKN-DR Tahun 2020 mengenai kendala teknis saat mengunggah LKH ke situs KKN.

Bagi seluruh peserta KKN-DR Tahun 2020 yang mulai menyusun laporan akhirnya dapat mengunduh berkas-berkas format laporan akhir beserta lampirannya melalui tautan berikut: