Program KKN-DR Tahun 2020 Hari ini Berakhir Secara Resmi

Program Kuliah Kerja Nyata-Dari Rumah (KKN-DR) Tahun 2020 yang telah berjalan selama 45 hari, dimulai dari tanggal 6 Juli 2020 lalu, akhirnya dinyatakan selesai hari ini, Jumat, 21 Agustus 2020. LP2M IAIN Kendari melalui Pusat Pengabdian kepada Masyarakat secara resmi menggelar acara penarikan mahasiswa-mahasiswi Peserta KKN-DR Tahun 2020 secara virtual melalui meeting room aplikasi Zoom yang juga ditayangkan secara live melalui Kanal Youtube LP2M IAIN Kendari tepat pada pukul 09:00 pagi.

Para peserta acara penarikan peserta KKN-DR Tahun 2020 secara virtual melalui meeting room aplikasi Zoom dan juga dapat disaksikan melalui Kanal Youtube LP2M IAIN Kendari

Acara yang dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya ini menghadirkan Iswar Jayadi, salah seorang peserta KKN-DR Tahun 2020, sebagai Pelantun Ayat Suci Al-Qur’an diikuti Doa Bersama yang dipandu oleh salah seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-DR Tahun 2020, Dr. H. Ahmad, Lc., M.HI. Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M IAIN Kendari yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Program KKN-DR Tahun 2020 ini, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., menyampaikan beberapa laporan terkait pelaksanaan program KKN-DR Tahun yang sudah berjalan selama 45 hari ini. Mengawali laporannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan yang diikuti oleh sejumlah 846 mahasiswa-mahasiswi peserta KKN-DR Tahun yang lolos verifikasi sukses mengimplementasikan seluruh pilihan implementasi Program Kerja baik secara daring (online), luring (offline), atau berbasis riset.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd., memimpin acara penarikan peserta KKN-DR Tahun 2020 secara resmi.

Selain itu, lanjut beliau, terdapat sejumlah 45 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang dilibatkan untuk membimbing seluruh peserta program KKN-DR yang dipilih menurut basis Program Studi masing-masing agar implementasi program kerja dapat lebih fokus dan tepat guna. Sebagai bentuk apresiasi, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini menyebut bahwa kerja keras dari seluruh DPL ini yang menjadi salah satu faktor berhasilnya program KKN-DR Tahun 2020 ini. Untuk pelaksanaan program kerja saja, dari sejumlah 94 peserta KKN-DR Tahun 2020 yang terlambat mengunggah Laporan Kegiatan Hariannya, jumlahnya menurun drastis hingga tersisa 10 orang peserta saja setelah beberapa kali kegiatan Monitoring dan Evaluasi yang dilaksanakan oleh LP2M.

Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., saat acara berlangsung.

Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., menyampaikan bahwa secara umum program KKN-DR Tahun 2020 ini berjalan lancar tanpa kendala berarti. Meski dibatasi oleh Protokol PSBB yang masih berlaku di masa pandemi ini, seluruh program kerja yang dicanangkan oleh masing-masing peserta KKN-DR Tahun 2020 tetap dapat diimplementasikan dengan baik. Meski demikian, beliau menegaskan baik kepada DPL maupun kepada seluruh peserta bimbingan masing-masing untuk merampungkan Laporan Akhir KKN-DR Tahun 2020 dan mengunggahnya ke Sistem Informasi Akademik IAIN Kendari. Beliau mengingatkan bahwa Laporan Akhir tersebut merupakan salah satu komponen yang akan dpertimbangkan dalam penentuan nilai akhir yang diperoleh oleh peserta KKN-DR Tahun 2020 bersama komponen-komponen lainnya seperti penilaian dari DPL maupun dari LP2M itu sendiri.

Kepala Pusat PkM, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., saat menyampaikan laporan terkait pelaksanaan program KKN-DR Tahun 2020 secara umum.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd., pada kesempatan tersebut memulai sambutannya dengan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan program KKN-DR Tahun 2020 ini. Semangat yang ditunjukkan selama pelaksanaan program yang dikawal oleh Pusat Pengabdian kepada Masyarakat ini terbukti berhasil mengatasi seluruh kendala yang ada sehingga program ini memenuhi tujuannya. Menurut beliau, program KKN-DR Tahun 2020 ini memiliki dampak positif yang manfaatnya secara langsung dirasakan oleh masyarakat. Situasi pandemi yang dampaknya menyentuh segala aspek kehidupan terasa lebih ringan dengan bantuan yang diberikan oleh seluruh peserta KKN-DR Tahun 2020 dengan program kerjanya masing-masing. Oleh karena itu, dalam suasana perayaan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, masyarakat merasakan betul manfat dari berbagai macam bentuk pengabdian kepada masyarakat dari program KKN-DR Tahun 2020 ini.

Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed., salah seorang DPL dengan prestasi memuaskan selama program KKN-DR Tahun 2020.

Sebagai informasi, LP2M IAIN Kendari menyampaikan bahwa perampungan Laporan Akhir Program KKN-DR Tahun 2020 termasuk unggahan Laporan Kegiatan harian (LKH) diperpanjang hingga 3 hari ke depan yaitu hingga tanggal 24 Agustus 2020 dan distribusi kuota internet masih akan dilakukan sekali lagi untuk kepentingan perampungan Laporan Akhir program KKN-DR Tahun 2020. Kegiatan penarikan peserta KKN-DR Tahun 2020 yang dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Kendari ini disaksikan secara langsung oleh seluruh peserta KKN-DR Tahun 2020 bersama DPL dan Panitia baik melalui meeting room aplikasi Zoom maupun lewat Kanal Youtube LP2M IAIN Kendari. Sesi siaran langsung dari kegiatan ini dapat disaksikan melalui tautan berikut: