Sasar TPA, Tim Dakwah Pesisir LP2M Juga Promosikan Kampus IAIN Kendari

Setelah memeriahkan hari raya besar keagamaan dengan menebar hikmah maulid Nabi Besar Muhammad SAW bersama masyarakat di Desa sasaran, pengabdian masyarakat yang diprakarsai oleh Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) LP2M IAIN Kendari fokus pada peningkatan Baca Tulis Al-Qur’an masyarakat terutama pada santri dan santriwati TPA di Kecamatan Lasolo Kepulauan Konawe Utara Sulawesi Tenggara dan Kecamatan Manui Kepulauan Kab. Morowali Sulawesi Tengah.

Sosialisasi Konsep TPA Terpadu pada masyarakat Desa sasaran program Dakwah Pesisir.

Pada kegiatan tersebut, PkM LP2M memboyong beberapa mahasiswa(i) berprestasi untuk membina Baca Tulis Al-Qur’an TPA setempat. Hal ini juga dilakukan untuk memberi perhatian pada kemampuan literasi dasar keagamaan. Selain itu, mahasiswa(i) tersebut juga didatangkan sebagai bentuk sosialisasi kampus IAIN Kendari sebagai kampus Islam terbesar di Sulawesi Tenggara.

Kami mewakili masyarakat Desa sangat berterima kasih dsngan kunjungan dari IAIN Kendari. Sebab bukan hanya menjadi penyemangat bagi santri-santri TPA kami tapi juga sudah memberikan pemahaman tentang konsep pengelolaan TPA Terpadu yang baik,” sambut Kepala Desa Pula Tiga. Pada acara penyambutan, Majelis Ta’lim Desa turut hadir sehingga Dr. Abbas, M.Pd., yang turut sebagai anggota tim Da’i, memberikan wejangan tentang nilai-nilai pendidikan yang mesti menjadi perhatian orang tua.

Pada kesempatan tersebut, LP2M IAIN Kendari juga memberikan bantuan berupa perlengkapan shalat dan Buku Iqra untuk digunakan di TPA dan Masjid Desa sasaran. Ketua PkM LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., mengatakan bahwa Pusat yang dinakhodainya tersebut memang berkomitmen untuk memperhatikan kawasan pesisir dan terpencil sebab daerah-daerah tersebut memang jarang mendapat penyuluhan keagamaan.

Hadirnya LP2M ke lokasi ini adalah wujud perhatian institusi IAIN Kendari dalam mengemban misi mendakwahkan Islam secara moderat dan mengantisipasi paham-paham radikal dimulai dengan menanamkan nilai-nilai keIslaman yang luhur kepada generasi muda yaitu anak-anak TPA di Desa sasaran,” tegas Kepala PkM yang memimpin rombongan Da’i IAIN Kendari ini.

Pembagian Brosur dan Profil Kampus IAIN Kendari kepada Pemerintah dan Tokoh Masyarakat

Antusiasme masyarakat yang begitu besar mengikuti seluruh rangkaian program Dakwah Pesisir ini membuat mereka semakin tertarik dengan kampus yang lekat dengan jargon pusat kajian Islam interdisipliner ini. Menyambut hal tersebut, tim sekaligus mempromosikan kampus IAIN Kendari sebagai tujuan melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi bagi masyarakat. Sekretaris LP2M, Dr. Samrin, M.Pd.I., juga aktif membagikan brosur dan profil kepada masyarakat kampus didampingi oleh salah satu anggota tim Da’i yaitu H. Muhammad Hasdin Has, Lc., M.Th.I.