Dorong Publikasi Bidang Pengabdian Masyarakat, PkM LP2M Gelar FGD Virtual

Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) LP2M IAIN Kendari hari ini menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penerbitan Buku Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (10-12-2020). Diskusi yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Conference Meeting ini menghadirkan Dr. Suwendi, M.Ag. selaku Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Kemenag RI dan Dr. Masykur Wahid, M.Hum. selaku Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UIN Banten.

Kapus PkM, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I. saat memperkenalkan para narsum.

Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. menyampaikan bahwa lembaga yang dipimpinnya sekarang ini lebih fokus kepada hasil kerja yang didokumentasikan karena hal tersebut menurutnya lebih memiliki kontribusi riil kepada institusi. Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) LP2M IAIN, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., yang juga bertindak selaku moderator pada sesi FGD ini menegaskan bahwa pengabdian yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa(i) IAIN Kendari sudah sangat beragam dan nyata dampaknya. Namun yang menjadi persoalan adalah dokumentasi dari kegiatan tersebut yang tidak pernah dirampungkan dalam bentuk karya publikasi seperti buku maupun jurnal pengabdian.

Para peserta FGD yang diselenggarakan oleh PkM LP2M IAIN Kendari.

Dr. Suwendi, M.Ag. menjelaskan bahwa LP2M memang sepatutnya fokus pada publikasi baik dari hasil penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Menurut beliau, civitas academica memang harus mengedepankan publikasi agar kinerja institusinya mendapat rekognisi baik dari sesama PT maupun dari masyarakat secara umum. Pada kesempatan tersebut, beliau menyebutkan bahwa peserta KKN sudah perlu dilatih menulis agar ketika terjun ke dunia profesional nanti tidak lagi canggung untuk menelurkan hasil karyanya.

Dr. Suwendi yang menjadi narsum pertama dalam kegiatan FGD oleh PkM LP2M IAIN Kendari.

Hal tersebut mendapat penegasan dari Dr. Masykur Wahid, M.Hum. selaku narasumber kedua pada kegiatan FGD ini. Beliau menyampaikan bahwa setiap kegiatan pengabdian perlu diperbaiki dokumentasinya agar perumusan visi misi pengabdian dapat terukur dan terencana dengan baik. Seperti yang telah diterapkan pada lembaga yang beliau pimpin, publikasi baik dalam bentuk buku maupun jurnal selalu mendapat dukungan penuh dari LP2M. bahkan sampai dukungan finansial untuk mewujudkan target publikasi yang sudah dicanangkan dalam program kerja tahunan.

Dr. Masykur saat memaparkan masterinya.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini diikuti oleh seluruh pembimbing dan mahasiswa(i) IAIN Kendari yang telah melaksanakan KKN pada tahun sebelumnya. Dalam keterangannya, Kepala PkM, Dr. Abdul Gaffar, M,.Th.I., menyebutkan bahwa tahun ini Pusat yang dipimpinnya itu akan menerbitkan buku bertema pengabdian kepada masyarakat sebanyak 19 judul dan akan diterbitkan dalam waktu dekat ini.