LP2M Sosialisasikan Visi Pengabdian di Webinar Pengabdian Berbasis Riset

LP2M IAIN Kendari menyelenggarakan webinar dengan tema pengabdian berbasis riset yang merupakan rangkaian Pelatihan Era Corona dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada kesempatan tersebut LP2M mengundang kasubdit pengabdian kepada masyarakat Kemenag, Dr. Abdul Basir, S.Pd.I., M.Pd.I. sebagai narasumber dan Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I.

Peserta Webinar Pengabdian Berbasis Riset

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa kluster penelitian berbasis pengabdian kepada masyarakat atau pengabdian berbasis riset merupakan kluster yang kurang mendapat perhatian dari Dosen dan Peneliti terutama di lingkup IAIN Kendari. Oleh karena itu, lembaganya berinisiatif menyelengarakan serial tersebut untuk memberi semangat sekaligus mengakomodasi Dosen untuk melakukan pengabdian berbasis riset.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. sesaat sebelum webinar dimulai.
Muh. Akbar Haseng didaulat sebagai Moderator pada webinar sesi dua ini.

Dr. Abdul Basir memulai pemaparannya dengan menjabarkan keterkaitan antara kebijakan-kebijakan yang diambil Pemerintah terkait kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Selanjutnya, beliau menjelaskan tema-tema apa saja yang menjadi prioritas beserta model pengabdian yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pada kesempatan tersebut, beliau banyak mengurai metode-metode yang lazim digunakan pada pengabdian berbasis riset seperti Participatory Action Research atau Community-Based Research.

Salah satu tampilan slide yang dijelaskan oleh Kasubdit Pengabdian Kemenag RI, Dr. Abdul Basir.

Selanjutnya, Dr. Abdul Gaffar lebih fokus menjabarkan paradigma dibalik metode-metode pengabdian berbasis riset. Paradigma tersebut kemudian diuraikan berdasarkan bentuk-bentuk pengabdian yang dapat disasar berdasarkan pengamatan yang dilakukan saat terjun langsung ke masyarakat. Menurutnya, pengabdian bertujuan menuntaskan atau paling tidak meringankan masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat terutama berkaitan dengan keterbukaan informasi, penerapan teknologi, kesadaran hukum, dan akomodasi HAM.

Kapus PkM LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., membawakan meteri bertajuk Pengabdian Ala Akademisi

Webinar Pengabdian Berbasis Riset yang diselenggarakan oleh LP2M bertujuan untuk mensosialisasikan visi misi pengabdian lembaga ke depannya. Bahwa kegiatan pengabdian yang difasilitasi oleh Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) LP2M mesti memenuhi dua asas yaitu asas kebermanfaatan yang hasilnya dirasakan secara langsung oleh masyarakat dan asas keberlangsungan yang salah satu tujuannya adalah publikasi baik berupa buku atau tulisan populer di media massa. Sebagai penunjang, LP2M menyiapkan pusat penerbitan bernama SulQa Press dan jurnal pengabdian oleh PkM dengan nama Jurnal Pabbitara.

Webinar dengan tema Pengabdian Berbasis Riset yang berlangsung hingga pukul 13:00 WITA ini masih akan ditindaklanjuti dengan sesi berikutnya dengan mengangkat tema Penelitian Berbasis Pengabdian yang akan digelar mulai pukul 09:00 WITA esok hari, Ahad, 13 Desember 2020.