Sapa CPNS IAIN Kendari Tahun 2019, LP2M Jabarkan Program Kerja

Memenuhi undangan pembina kepegawaian, LP2M mengisi agenda orientasi CPNS tahun 2019 di gedung aula mini Perpustakaan IAIN Kendari. Acara yang dimulai pukul 8 ini dihadiri oleh seluruh komponen dalam struktur organisasi LP2M IAIN Kendari mulai dari Ketua, Sekretaris, Kasubbag TU, dan seluruh Kepala Pusat. Kegiatan ini dimoderatori oleh Sekretaris LP2M, Dr. Samrin, M.Pd.I.

Pejabat LP2M saat bertemu CPNS Tahun 2019

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa LP2M merupakan lembaga penopang dalam memenuhi peran dan fungsi utama institut di bidang Tri Dharma PT. Oleh karena itu, seluruh Fakultas, Unit, dan Lembaga selalu menjalin koordinasi dan kerjasama bersama LP2M. Mengikuti penjelasan tentang tugas, fungsi, wewenang dan tanggungjawab LP2M, beliau pun mengenalkan seluruh pejabat di bawah pengawasannya.

Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., pada mendapat kesempatan pertama untuk menjelaskan program kerja Pusat yang dipimpinnya. Beliau menegaskan bahwa seluruh bentuk pengabdian yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa(i) di lingkup IAIN Kendari mesti mendapat pengakuan dari PkM. Termasuk program KKN yang ada seperti KKN Maritim, KKN Tanggap Bencana, KKN Internasional, hingga KKN On Campus yang bisa dilaksanakan bersama Mahasiswa(i). Beliau pun menjabarkan model-model pengabdian yang bisa dilaksanakan oleh Dosen untuk memenuhi tuntutan beban kerja maupun pengembangan karirnya.

LP2M memaparkan Program Kerja kepada para CPNS

Kepala Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA), Sitti Aisyah Mu’min, S.Ag., M.Pd., diberi kesempatan berikutnya untuk memaparkan program kerja pada pusat yang dipimpinnya. Menurut beliau, baik penelitian maupun pengabdian yang mengangkat tema gender dan kesejahteraan anak akan masuk dalam pemantauan dan pengawasan PSGA. Konsep gender dan hak-hak anak merupakan salah satu konsep yang perlu ditanamkan dengan baik kepada Mahasiswa(i) baik lewat pendampingan maupun kajian yang tentu butuh keterlibatan seluruh civitas academica di lingkup IAIN Kendari agar mampu mengangkat harkat, martabat, dan nama baik institusi.

CPNS diminta taat administrasi berbasis data dan luaran

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitbit), Dr. Imelda Wahyuni, S.S., M.Pd., menjabarkan program kerja penelitian yang sampai saat ini merupakan program yang paling besar nilai anggarannya. Beliau menegaskan pentingnya para calon Dosen untuk mulai mengembangkan jaringan antar PT dala skala nasional dalam hal kerjasama di bidang penelitian dan publikasi. Dalam menjalankan misi tersebut, Dosen berpedoman pada Rancangan Riset Nasional dan secara khusus memerhatikan agenda riset keagamaan yang menjadi tanggungjawab Kementerian Agama RI. Kepala Puslitbit juga menekankan karakter kompetitif Dosen agar kualitas penelitian dan publikasinya tidak hanya membanggakan institusi tapi juga bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Kegiatan silaturahmi LP2M bersama CPNS IAIN Kendari tahun 2019 bertempat di aula mini Perpustakaan

Menutup kegiatan silaturahmi bersama para CPNS IAIN Kendari tahun 2019, LP2M menegaskan pentingnya koordinasi yang dibangun Dosen bersama LP2M terutama yang berbasis data. Dosen diminta menjaga komunikasi ke seluruh admin di lingkup IAIN Kendari. Hal ini ditujukan agar seluruh aktivitas yang dilakukan oleh Dosen terpantau baik secara kualitas maupun secara administratif.