Jadi Tuan Rumah KKN Kolaborasi Nusantara, PkM Selenggarakan 5 Jenis KKN Tahun Ini

Kendari (Azwar) – Jelang akhir semester genap TA 2020-2021, LP2M melalui Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) membuka pendaftaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan beberapa pilihan. Selain KKN Reguler, PkM juga membuka KKN Maritim, KKN Online, dan KKN On Campus. Yang istimewa pada tahun ini adalah KKN Kolaborasi Nusantara yang diikuti oleh 7 PTKIN lain bersama dengan IAIN Kendari. KKN Kolaborasi Nusantara mengusung tema Moderasi Beragama melalui program peace-building berbasis multikulturalisme yang berorientasi kearifan lokal. Ketujuh PTKIN tersebut adalah UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Antasari Banjarmasin, UIN Mataram, IAIN Kediri, IAIN Kudus, dan IAIN Ponorogo. Pembekalan KKN Kolaborasi Nusantara dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd., dan disaksikan oleh pembimbing dari masing-masing PTKIN yang bergabung.

Pembukaan Kegiatan Pembekalan KKN Kolaborasi Nasional di Auditorium IAIN Kendari yang dibuka oleh Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. dan dihadiri oleh mitra.

Acara pembukaan tersebut dilanjutkan dengan pembekalan yang dihadiri oleh mitra-mitra IAIN Kendari pada kegiatan ini seperti Kepolisian Daerah (POLDA) Provinsi Sulawesi Tenggara, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Kasubdit IV Intelkam POLDA, AKBP Selphanus Eko W.N., A.Md., membawakan materi yang berjudul Ancaman Radikalisme dan Terorisme kepada para peserta pembekalan. Hingga saat ini, calon peserta KKN Tahun 2021 yang telah melakukan registrasi melalui laman https://sia.iainkendari.ac.id/ sekitar 1.012 Mahasiswa(i). Jumlah tersebut terbagi dalam register KKN Reguler sebanyak 834 Mahasiswa(i), KKN Maritim sejumlah 50 Mahasiswa(i), KKN Online sebanyak 67 Mahasiswa(i), KKN On Campus sebanyak 20 Mahasiswa(i), dan KKN Kolaborasi Nusantara perwakilan IAIN Kendari sebanyak 41 Mahasiswa(i).

Peserta KKN Kolaborasi Nusantara Tahun 2021 yang menghadiri kegiatan pembekalan.

Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., menjelaskan bahwa tahun ini LP2M IAIN Kendari menjalin kerjasama pelaksanaan KKN dengan banyak pihak. Selain yang telah disebutkan, beliau juga menuturkan bahwa lokasi KKN mencakup Kabupaten Kolaka, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Konawe Selatan, dan Kabupaten Konawe Kepulauan untuk jenis KKN Reguler. Selain itu, KKN Maritim menyasar Kabupaten Bombana (Pesisir Pulau Kabaena) dan KKN Kolaborasi Nusantara akan menelusuri Kabupaten Konawe Selatan. Lokasi KKN yang tidak terfokus pada satu daerah menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlaku. Kegiatan pembekalan dan pelepasan pun dilaksanakan secara hibrid (online dan offline) dan dibagi ke dalam beberapa gelombang.

Mitra dan tamu undangan pada acara pembukaan kegiatan pembekalan KKN Kolaborasi Nusantara Tahun 2021

Untuk kegiatan pembekalan, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I. selaku Kepala PkM mengagendakan pembekalan secara daring (online) untuk jenis KKN Reguler dan akan dimulai pada tanggal 2 Juli hingga 4 Juli 2021. “Jumlah peserta yang besar menjadi alasan kami menjadwalkan kegiatan pembekalan secara daring. Untuk KKN Kolaborasi Nusantara yang pembekalannya sementara berlangsung dilaksanakan secara luring karena pesertanya tidak banyak. Itu pun kami fasilitasi dengan tes swab antigen oleh Satgas Covid-19 dan Dinkes Provinsi,” pungkasnya. Kegiatan KKN Tahun 2021 punya penanganan dan target beragam bergantung dengan jenis KKN. Dosen Pembimbing Lapangan pun dibekali dengan kerangka konsep pelaksanaan bimbingan KKN sesuai tema yang diangkat pada tahun ini. Hingga saat ini, LP2M menugaskan setidaknya 30 Dosen Pembimbing Lapangan untuk jenis KKN Reguler saja.

Sebagai informasi, calon peserta KKN Tahun 2021 dapat melakukan registrasi di laman Sistem Informasi Akademik yang pendaftarannya dibuka hingga tanggal 28 Juni 2021. Berkas administrasi calon peserta dapat diunggah melalui drive yang dapat diakses pada tautan berikut: Unggahan Berkas KKN Tahun 2021. Calon peserta dapat memilih jenis KKN saat melakukan pendaftaran. Calon peserta harus memastikan bahwa UKT semester berjalan (Ganjil 2021-2022) telah terbayar, telah menyelesaikan sedikitnya 95 SKS, dan mendapat Surat Rekomendasi dari Fakultas masing-masing. KKN Tahun 2021 diperkirakan akan berlangsung hingga tanggal 19 Agustus 2021 mendatang dengan jadwal pemberangkatan beragam dimulai dari KKN Kolaborasi Nusantara yang akan diberangkatkan pada Kamis, 01 Juli 2021. Informasi mengenai pembekalan, pemberangkatan, dan hal-hal lain terkait pelaksanaan KKN Tahun 2021 dapat dicek pada website LP2M atau dengan menghubungi nomor kontak berikut: 085282319537 (Bapak Sumardona) atau 081380875221 (Ibu Nourma).