Tentang LP2M IAIN Kendari

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) adalah lembaga yang sebelumnya bernama Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M). P3M berdiri pada tahun 1997 di bawah kepemimpinan Dr. Zulkifli, M.Si, M. Pd. dengan sekretarisnya Dr. Hadi Mahmud, M. Pd. dengan bidang garapan pada kegiatan PPL I dan PPL II dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Mengingat ruang lingkup kerja kelembagaan semakin luas, pada tahun 1998 diadakan penambahan struktur berupa wakil ketua yang dijabat oleh Dr. Tomo Parenrengi, M.Fil.I., sekretaris oleh Dr. Pairin, M.Ag.. Pada tahun 2000 perombakan struktur terjadi lagi dengan kepala dijabat oleh Dr. Tomo Parenrengi, M.Fil.I., Wakil Ketua Dr. Abdul Kadir, M. Pd., Sekretaris Drs. Samsu, M. Pd. Pada tahun 2003, kepala P3M dijabat oleh Dr. Abdul Kadir, M. Pd. dengan Sekretaris Abbas, M.A. hingga bulan Februari 2009. Pada tahun 2009, kepemimpinan P3M dikepalai oleh Dr. H. Herman, M. Pd. dan pada tahun 2013, Kepala P3M dijabat oleh Drs. Samsu, M. Pd. dengan Sekretaris Dr. Laode Abdul Wahab, M. Pd.
Lembaga Pelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Kendari yang sebelumnya bernama P3M (Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) berubah menjadi LP2M tidak berapa lama setelah alih status dari STAIN menjadi IAIN pada tanggal 17 Oktober 2014. LPPM membawahi tiga pusat, yaitu Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitbit), Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), dan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA). Lembaga ini kemudian dipimpin oleh Dr. Muhammad Alifuddin, M.Ag. dan Dr. Laode Abdul Wahab, M.Pd. sebagai sekretaris. Pusat Penelitian dan Penerbitan dipimpin oleh Dr. Asliah Zainal, M.A., Pusat Pengabdian Masyarakat dipimpin oleh Dr. H. Herman, M.Pd., dan Pusat Studi Gender dan Anak dipimpin oleh Dr. Ros Mayasari, M.Si.

Dengan terpilihnya Prof. Dr. Faizah bin Awad, M.Pd. sebagai Rektor IAIN Kendari untuk masa bakti 2019-2023, LP2M pun mengalami pergantian pimpinan. Dr. Abdul Kadir, M.Pd. diberi amanah sebagai Ketua LP2M yang baru dengan Dr. Samrin, M.Pd.I. sebagai sekretaris. Pusat Penelitian dan Penerbitan dipimpin oleh Dr. Wahyudin Maguni, SE., M.Si., Pusat Pengabdian Masyarakat dipimpin oleh Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., dan Pusat Studi Gender dan Anak dipimpin oleh Sitti Aisyah Mu’min, S.Ag.,M.Pd.