Pelayanan Kami

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Kendari sebagai lembaga pengusul/ pendamping yang memiliki Visi dan Misi meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian serta melakukan pendampingan dan pengabdian kepada masyarakat. Secara kuantitas, LP2M IAIN Kendari memiliki ketersediaan sumber daya manusia yang memadai dengan latar belakang pendidikan Doktoral dan Magister (S2 dan S3) dan memiliki keahlian dengan bidang keilmuan yang beragam (interdisipliner); ilmu-ilmu keislaman dan ilmu humaniora-sosial (humanitiessocial sciences), serta ilmu-ilmu sains dan teknologi. Secara spesifik, sumberdaya yang dimiliki LP2M IAIN Kendari saat ini adalah bidang Statistik, Pendidikan, Ekonomi Islam, Sosiologi, Psikologi, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Hukum Islam, selain ilmu-ilmu keIslaman itu sendiri. Hal tersebut sangat dibutuhkan bagi upaya-upaya penelitian, penerbitan, pengembangan, dan pengabdian masyarakat.

Selain itu, secara personal dan institusional, LP2M IAIN Kendari telah memiliki pengalaman melaksanakan kegiatan-kegiatan penelitian, pendampingan, dan pemberdayaan masyarakat dalam berbagai macam disiplin ilmu. Sejak awal berdirinya, LP2M juga telah banyak melakukan kerja sama penelitian dan pemberdayaan masyarakat dengan berbagai Stakeholder di Sulawesi Tenggara. Di antaranya adalah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Kementerian Agama Provinsi Sultra, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prov. Sultra, POLDA Sultra, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan, Disperindag Provinsi Sultra, Bappeda Kota Kendari, Balitbang Provinsi Sultra, Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka, dan sebagainya dan kerja sama tersebut terus berlangsung dengan peluasan bidang kerja sama.

Dengan ketersediaan sumber daya manusia dalam berbagai disiplin ilmu maka LP2M IAIN Kendari memiliki peluang untuk menjadi mitra penelitian, pengembangan dan pengabdian dalam soal-soal yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tidak hanya bersifat keagamaan tetapi juga pada soal-soal ekonomi, sosial, budaya, serta sains dan teknologi.