Jelang Pemberangkatan KKN Reguler 2021, LP2M Gelar Rapat Bersama DPL

Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) menyelenggarakan lima jenis Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2021. Kelima jenis KKN tersebut adalah Reguler, Kolaborasi Nusantara, Maritim, Online, dan On Campus. KKN Kolaborasi Nusantara yang melibatkan mitra dari Kepolisian Daerah Sultra, Dinas Perhubungan Sultra, dan Dinas Kesehatan Sultra diikuti oleh peserta dari tujuh PTKIN yang bergabung. KKN yang telah diterima oleh Pemerintah Daerah Konawe Selatan pada 1 Juli 2021, sekarang sementara melaksanakan program kerjanya.

Rapat koordinasi PkM bersama DPL, 2 Juli 2021

Untuk jenis KKN Reguler, PkM menugaskan 30 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan mendampingi dan membimbing sekitar 800an peserta KKN yang telah melakukan registrasi melalui Sistem Informasi Akademik (SIA). KKN Reguler tahun 2021 akan menyasar beberapa lokasi yang tersebar di Kabupatan Konawe Selatan, Kabupatan Kolaka Timur, Kabupatan Kolaka, Kabupatan Kolaka Utara, dan Kabupatan Konawe Kepulauan.

Kepala PkM, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., menjelaskan juknis pelaksanaan KKN tahun 2021 kepada DPL

Kepala PkM, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., menyebutkan bahwa KKN Reguler tahun 2021 menargetkan produk berupa karya tulis ilmiah. Hal ini ditegaskan pada rapat koordinasi bersama DPL yang dilaksanakan pada 2 Juli 2021. Pada rapat yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom ini, Kepala PkM menjabarkan format laporan kegiatan yang nantinya akan dibuat oleh peserta KKN. Format laporan tersebut dapat dilihat pada Petunjuk Teknis KKN 2021 yang telah dibuat oleh PkM. Target karya tulis ilmiah yang dimaksud adalah buku atau artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal pengabdian masyarakat. Petunjuk teknis KKN Tahun 2021 dapat diunduh pada tautan berikut: Juknis KKN Tahun 2021.

Sesi diskusi bersama DPL

Kepala PkM juga menyampaikan bahwa jadwal pemberangkatan KKN Reguler dilaksanakan tidak secara serentak. Hal ini disebabkan oleh kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlaku hingga saat ini. Untuk Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara, peserta KKN akan diberangkatkan pada tanggal 5 Juli sedangkan untuk kontingen Kabupaten Konawe Selatan akan diberangkatkan pada tanggal 9 Juli. Kabupaten Kolaka Timur direncanakan menerima peserta KKN pada tanggal 10 Juli sedangkan Kabupaten Konawe Kepulauan akan menerima peserta KKN pada tanggal 12 Juli. Kegiatan pemberangkatan dilaksanakan secara bergelombang dan yang mengikuti kegiatan penerimaan bersama Pemda hanya perwakilan untuk menghindari kerumunan. Langkah ini diambil sebagai bentuk penerapan pembatasan kegiatan sosial skala besar yang diberlakukan oleh Pemerintah di masa pandemi Covid-19.

PkM LP2M juga menjadwalkan kegiatan pembekalan bersama peserta KKN tahun 2021. Kegiatan tersebut dijadwalkan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli setelah rapat koordinasi bersama DPL. Kegiatan pembekalan akan dilaksanakan secara daring (online) melalui aplikasi virtual meeting Zoom. Sekitar 800an peserta KKN tahun 2021 dijadwalkan akan mengikuti kegiatan pembekalan ini. (Azwar)