Sapa Masyarakat Bajo, PSGA Gelar Workshop Gender dan Perlindungan Anak

Pembatasan kegiatan masyarakat di masa pandemi tidak menghalangi LP2M memberikan penyuluhan kepada masyarakat, terutama masyarakat pesisir dan pinggiran yang jarang mendapat sentuhan program penyuluhan. Menyasar masyarakat Bajo di Kec. Pomalaa Kab. Kolaka, LP2M melalui PSGA menggelar Workshop bertajuk Gender dan Perlindungan Anak.

Para narasumber bersama perwakilan BPD sedang berdiskusi bersama peserta workshop.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 01 Agustus 2021 dan bertempat di aula Desa Hakakutobu. Dengan jalinan koordinasi bersama perangkat Desa dan Tim PKK Desa Hakatutobu, PSGA mensosialisasikan kesadaran memahami konsep gender dan perlindungan serta pemenuhan hak-hak tumbuh kembang anak kepada masyarakat setempat.

Ketua LP2M saat membuka sekaligus membawakan materi
Ketua BPD Desa Hakukatobu Kec. Pomalaa saat memberikan sambutan


Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini menunjukkan keseriusan LP2M dalam mewujudkan visi misi lembaga. Kepala PSGA, Sitti Aisyah Mu’min, S.Ag., M.Pd., mengangkat topik hak-hak anak yang harus dipenuhi seperti hak bermain, hak mendapat pendidikan, hak mendapat dokumen kewarganegaraan, hingga hak untuk mendapat bimbingan dan perhatian orang tua sebagai bahasan pokok sosialisasi Pusat yang dipimpinnya itu.

Mendampingi Kepala PSGA, Sekretaris, Dr. Samrin, M.Pd.I. juga bertindak sebagai narasumber yang membahas tentang tantangan pengasuhan anak di masa sekarang. Kepala PkM, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I. lebih banyak membahas tentang bagaimana Al-Qur’an dan Rasulullah SAW memberikan petunjuk tentang kesetaraan hak dalam menjalankan syariat agama dan kewajiban hidup dan Kepala Puslitbit, Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd., membahas tentang beberapa peran orang tua dalam hal pengasuhan anak disertai beberapa tips parenting.

Peserta workshop yang didominasi ibu rumah tangga dan remaja putri

Kegiatan workshop ini diisi dengan pemaparan materi dari para narasumber, pemutaran film tentang gender dan perlindungan anak, sosialisasi buku saku pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, dan penyuluhan teknis tentang bagaimana menerapkan kesetaraan hak asasi, gender, dan perlindungan anak dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan workshop gender dan anak dilaksanakan di Balai Desa.

Kegiatan ini merupakan program kerja rutin tahunan PSGA LP2M IAIN Kendari yang menyasar kominitas-komunitas target binaan di kawasan Sulawesi Tenggara. LP2M IAIN Kendari merupakan salah satu lembaga di Sulawesi Tenggara yang rutin dan getol mensosialisasikan kesetaraan gender dan perlindungan anak melalui berbagai program unggulan.