Target 23 jurnal terakreditasi, LPPM Giatkan Ngaji Jurnal

LPPM merespons antusias pengelola jurnal dengan menginisiasi kegiatan Ngaji Jurnal dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal internal IAIN Kendari. Kualitas pengelolaan jurnal di IAIN Kendari pada dasarnya sudah menunjukkan kualitas yang baik dengan adanya beberapa jurnal terakreditasi nasional, seperti Jurnal Langkawi (Sinta 2), Jurnal al-Ta’dib (Sinta 3), Jurnal Al-Izzah (Sinta 3), dan jurnal lainnya yang berstatus Sinta 4 dan 5. Meski demikian, terdapat 15 jurnal baru yang membutuhkan pendampingan agar dapat meraih status akreditasi.

Ngaji Jurnal LPPM diawali dengan Rapat Koordinasi RJ yang digelar pada 20 Mei 2022 di Ruang Rapat LPPM. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua LPPM Dr. Abdul Kadir, M.Pd., Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan, Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd., Koordinator Rumah Jurnal (RJ), Dr. Fahmi Gunawan, M.Hum beserta beberapa pengurus RJ dan pengelola jurnal internal IAIN Kendari.

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan, Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan “LPPM memaksimalkan peningkatan pengelolaan jurnal internal IAIN Kendari melalui kegiatan Ngaji Jurnal dengan pendampingan secara intens oleh Pengelola Rumah Jurnal (RJ) IAIN Kendari”. Koordinator RJ IAIN Kendari, Dr. Fahmi Gunawan, M.Hum telah melakukan koordinasi bersama pengurus RJ serta menyusun agenda Ngaji Jurnal tahun 2022. “Ngaji Jurnal in sya Allah kita laksanakan setiap hari Jumat pukul 14.00 WITA di Ruang Rapat LPPM, materi dan narasumber telah kita susun berdasarkan kebutuhan yang telah kita identifikasi melalui google form yang diisi oleh para pengelola jurnal” ungkap Dr. Fahmi.

“Kualitas pengelolaan jurnal IAIN Kendari memang masih butuh pendampingan intens mengingat banyaknya jurnal baru yang diinisiasi oleh pengelola pemula, termasuk jurnal lama yang membutuhkan informasi update terkait standar akreditasi. Kami sangat membutuhkan pendampingan teknis terkait sistem penerbitan artikel dari submit hingga publish, termasuk standar kualitas artikel yang layak diterbitkan” ungkap salah seorang pengelola.

Ketua LPPM sangat mengapresiasi dan memberi dukungan terhadap program Ngaji Jurnal. “Sebagai pimpinan LPPM tentu saya akan mensupport program ini, dan kita alokasikan sumber daya demi mendukung akselerasi akreditasi jurnal yang berdampak pada kualitas dan kuantitas publikasi. Target kegiatan ini bermuara pada persiapan pengajuan akreditasi 15 jurnal baru dan reakreditasi 8 jurnal lainnya” paparnya dalam sambutannya meresmikan program Ngaji Jurnal.

Program Ngaji Jurnal menghadirkan semangat tersendiri bagi para pengelola jurnal serta sivitas akademika IAIN Kendari untuk mewujudkan 23 jurnal terakreditasi nasional atau bahkan menjadi jurnal bereputasi internasional. Semoga!