Tawarkan Beragam Pilihan KKN, LP2M Gelar Pembekalan Perdana Hari Ini

Auditorium IAIN Kendari hari ini (Rabu, 29 Juni 2022) disesaki oleh Mahasiswa(i) calon peserta KKN yang beberapa hari lagi akan menuju lokasi pengabdian. Sejumlah kurang lebih seribu dua ratusan mahasiswa(i) yang telah melakukan registrasi KKN dengan berbagai pilihan menjalani kegiatan pembekalan yang rencananya akan berlangsung hingga empat hari ke depan tepatnya Ahad, 2 Juli 2022. Tahun ini, LP2M IAIN Kendari menawarkan berbagai alternatif KKN seperti Reguler, KKN Nusantara, KKN Kolaborasi, Maritim, dan Dari Rumah (DR). Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Senat IAIN Kendari, Prof. H. Zulkifli, M.Si bersama Warek 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Herman, M.Pd. ini mengawali pelaksanaan KKN tahun 2022.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. dalam menyampaikan sambutan di hadapan peserta KKN

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, dalam sambutannya menegaskan bahwa pembekalan bertujuan memberi pengenalan kepada Mahasiswa(i) mengenai kegiatan KKN. “Tentu saja ini menjadi pengalaman pertama bagi Mahasiswa(i) untuk terjun langsung menjalani KKN. Banyak diantara mereka yang belum memahami apa itu sebenarnya KKN dan apa makna dari kegiatan ini. Lewat program pembekalan, Mahasiswa(i) jadi lebih paham apa sebenarnya KKN sehingga bisa menjalaninya dengan lancar,” jelas beliau. Selaras dengan apa yang disampaikan oleh Ketua LP2M, Warek 3 juga menambahkan bahwa kekompakan selama menjalani KKN sangat dibutuhkan. Pada kegiatan pembekalan ini, Mahasiswa(i) bisa menjajaki koordinasi awal dengan rekan kelompoknya dan saling mengenal lebih dekat. Ini menjadi awal untuk membentuk tim yang kompak sehingga semua program KKN bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana.

Kepala Pusat PkM, Dr. Abdul Gaffar,M.Th.I ketika memaparkan materi pendahuluan pembekalan KKN IAIN Kendari tahun 2022 menyampaikan harapan Mahasiswa(i) bisa menjalankan program KKN ini dengan optimal dan memenuhi target luaran masing-masing. Selama pelaksanaan KKN, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) juga diharapkan mampu mengkoordinir Mahasiswa(i) yang berada dalam satu ataupun berbeda nagari/ lokasi tetapi masih dalam satu kecamatan guna membantu peserta KKN menuntaskan program kerjanya. Ketua Senat IAIN Kendari ketika dimintai komentarnya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan pembekalan ini. Sinergi dan kolaborasi dengan mitra kerja yaitu Pemerintahan Daerah diharapkan memberikan wawasan dan informasi kepada Mahasiswa(i) untuk bekal mendarmakan ilmunya untuk masyarakat di lokasi KKN nantinya.

Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I menyampaikan materi pembekalan kepada peserta KKN

Sebelumnya ditekankan kembali bahwa pelaksanaan teknis KKN harus memenuhi target luaran sekaligus target publikasi yang telah ditetapkan oleh PkM LP2M begitupun dengan aturan yang diberlakukan oleh Pemerintah setempat. Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk memberikan materi KKN kepada Mahasiswa(i). Lewat kegiatan ini, Mahasiswa(i) akan memahami apa saja yang akan diselenggarakan selama KKN. Materi yang diberikan lengkap mulai dari persiapan pra berangkat, penggunaan atribut, model pengembangan desain program kerja, media publikasi yang juga berfungsi sebagai item laporan harian peserta, hingga pembuatan laporan. Pengisi materi akan menjelaskan secara rinci apa saja kegiatan yang akan dilalui selama KKN berlangsung. Salah satu bagian penting yang termuat dalam materi KKN ini adalah pelaksanaan program-program yang secara eksklusif diusung oleh IAIN Kendari seperti penyuluhan moderasi beragama.

Selama KKN berlangsung, Mahasiswa(i) akan diminta menjalankan berbagai jenis program kemasyarakatan. Lewat program pembekalan ini Mahasiswa(i) akan diberi kejelasan mengenai aturan pelaksanaan program yang harus dijalankan. Program pembekalan ini akan menjadi kesempatan untuk memberikan motivasi bagi Mahasiswa(i) sebelum menjalani KKN. KKN merupakan salah satu kegiatan kampus yang cukup panjang dan melelahkan. Oleh karena itu, dibutuhkan semangat dan kerja keras agar Mahasiswa(i) bisa menjalaninya dengan baik. Mahasiswa(i) biasanya akan menjalani KKN di lokasi yang sulit. Belum lagi harus jauh dari keluarga dan menjalankan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Banyak sekali tugas yang harus diselesaikan oleh Mahasiswa(i) KKN. Itulah mengapa sangat penting untuk memberikan motivasi kepada mereka sebelum dilakukan pelepasan atau pemberangkatan.

Kegiatan pembekalan KKN jelas memiliki fungsi yang sangat penting. LP2M berkewajiban menyelenggarakan kegiatan ini demi memberi bekal yang matang bagi Mahasiswa(i) sebelum pemberangkatan. Kesuksesan pembekalan akan berpengaruh pada kelancaran dalam menjalankan program-program selama KKN. Sebagai informasi, para peserta juga akan mendapatkan sesi pembekalan secara terpisah yang dipandu oleh DPL masing-masing.