Rintis Kerjasama, LP2M IAIN Kendari menyambut Benchmarking LP2M IAIN Parepare

Rintis Kerjasama, LP2M IAIN Kendari menyambut Benchmarking LP2M IAIN Parepare

Pimpinan LP2M IAIN Kendari, diwakili Sekertaris LP2M Dr. Samrin, M.Pd. bersama jajarannya menyambut kunjungan Ketua LP2M IAIN Parepare yang didampingi Sekertaris LP2M (Muhammad Haramain, M.Sos.I), Kepala Pusat Penelitian (Dr. H. Muhiddin, Lc., M.Fil.I), Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (Dr. Musmulyadi, M.M), dan Kepala Pusat Penerbitan dan Publikasi (Muhammad Majdy Amiruddin, M.MA) dalam rangka Benchmarking. Kegiatan yang berlangsung tanggal 21 Juli 2022 di Ruang Rapat LP2M IAIN Kendari merupakan rintisan kerjasama antara kedua pihak dalam berbagai aspek.

Dalam sambutannya, Ketua LP2M IAIN Parepare Dr. M Ali Rusdi, M.H.I menyampaikan bahwa kehadirannya bersama tim di IAIN Kendari untuk menjajaki kerjasama atas sejumlah agenda strategis dalam bidang Publikasi dan Pengabdian. Ketua Yayasan Pesantren Al Risalah Batetangnga (salah satu Pesantren terbesar di Sulawesi Barat) yang baru dilantik bulan Mei lalu mengakui bahwa dirinya sebagai ‘adik’ dalam pengelolaan program-program LP2M tentu membutuhkan banyak sharing dengan pihak-pihak yang telah terlebih dahulu berpengalaman, salah satunya IAIN Kendari. Meski ia telah menginisiasi beberapa program unggulan di IAIN Parepare yang dapat mengungguli institusi lain, ia tetap merasa bahwa kolaborasi dengan institusi lain akan jauh lebih efektif meningkatkan kinerja dan prestasi bersama. Ali Rusdi lebih lanjut memaparkan beberapa tawaran kerjasama di bidang publikasi dan penerbitan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Di bidang publikasi dan penerbitan, pengelolaan jurnal menjadi salah satu prioritas kerjasama karena menurut Ali Rusdi, IAIN Kendari telah memiliki Jurnal Terakreditasi Nasional Sinta 2 yang layak mendampingi pengelola jurnal di IAIN Parepare yang akreditasi jurnal tertingginya masih Sinta 3. Selain itu, sharing reviewer Litapdimas juga diagendakan pada seleksi proposal penelitian Litapdimas 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada Agustus mendatang.

Menyambut pernyataan Ketua LP2M IAIN Parepare, Sekertaris LP2M IAIN Kendari mengapresiasi kehadiran rombongan LP2M IAIN Parepare seraya mengamini seluruh tawaran kerjasama yang disampaikan. “Kami tentu mengapresiasi kehadiran Bapak Ketua dan rombongan, dan semua yang disampaikan merupakan hal penting yang memang patut dikembangkan secara bersama” pungkasnya. Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan IAIN Kendari turut menambahkan bahwa bidang penelitian juga penting dilakukan kolaborasi antar peneliti. “Pada dasarnya IAIN Parepare dan IAIN Kendari sudah lama menjalin kolaborasi dan kerjasama, misalnya dosen IAIN Parepare sudah menjadi reviewer di beberapa jurnal IAIN Kendari, begitupula sebaliknya. Hanya saja pertemuan kali ini untuk meresmikan kerjasama dan akan dikembangkan lebih lanjut” ungkap Dr. Imelda Wahyuni. Penerbitan buku KKN dan pengabdian lainnya turut menjadi perbicangan dalam pertemuan ini. Dr. Abdul Muiz Amir selaku Koordinator Sulqa Press mengungkap sejumlah program Sulqa Press yang strategis untuk dijalankan bersama. “Tidak hanya penerbitan buku, tetapi juga kami memiliki program bedah disertasi yang dapat kita jalankan secara bersama, misalnya melibatkan dosen IAIN Parepare untuk menjadi narasumber dalam sesi podcast yang kami jalankan tiap Kamis” ungkapnya. Koordinator Rumah Jurnal Dr. Fahmi Gunawan turut menyampaikan program Ngaji Jumat Jurnal yang telah berlangsung sekitar 2 bulan dan mengajak dosen IAIN Parepare untuk ikut terlibat baik sebagai peserta maupun narasumber terkait pengelolaan jurnal.

Benchmarking diakhiri dengan sesi foto bersama dan silaturahmi terbuka antara kedua pihak. Semua berharap bahwa rencana kerjasama dapat segera diwujudkan. Untuk itu, LP2M IAIN Parepare secara lisan telah menyampaikan pesan agar LP2M IAIN Kendari dapat berkunjung ke IAIN Parepare dalam waktu dekat untuk penandatanganan kerjasama.