Tanggapan Anda?
+1
0
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Kendari, 11 Januari 2024 – Mengawali tahun 2024, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar rapat penyusunan roadmap penelitian untuk periode 2024-2027. Acara yang berlangsung di ruang rapat LP2M ini dihadiri oleh Ketua LP2M, Kapuslitpen, Kapus Pengabdian pada Masyarakat, dan segenap staff keuangan dan administrasi di lingkup LP2M IAIN Kendari.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., dalam sambutannya menekankan pentingnya penyusunan roadmap penelitian sebagai panduan strategis untuk mengarahkan kegiatan penelitian di IAIN Kendari. “Dengan adanya roadmap penelitian, kita dapat memiliki panduan yang jelas dan terarah untuk mencapai tujuan penelitian jangka panjang. Ini juga akan membantu kita dalam mengintegrasikan penelitian dengan visi dan misi institusi,” ujarnya.

Dr. Fahmi Gunawan, M.Hum., juga turut menjelaskan tentang pentingnya roadmap penelitian dalam meningkatkan kualitas dan relevansi penelitian. “Roadmap penelitian akan membantu peneliti untuk fokus pada bidang-bidang prioritas yang memiliki dampak besar terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat, tidak terkecuali isu-isu sosial yang menjadi skala prioritas di Kementerian Agama RI.,” jelasnya.

Selain itu, Dr. Syamsuddin, M.Pd. selaku Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat juga memaparkan tentang metode penyusunan roadmap penelitian berbasis pengabdian yang efektif. Ia menekankan perlunya kolaborasi dan partisipasi aktif dari seluruh civitas akademika dalam proses penyusunan ini. “Penyusunan roadmap harus melibatkan berbagai pihak untuk memastikan bahwa semua kebutuhan dan potensi penelitian dapat terakomodasi dengan baik,” katanya.

Selama rapat, peserta banyak mendiskusikan berbagai langkah-langkah strategis dalam penyusunan roadmap penelitian, baik berspakala lokal, regional, nasional, maupun internasional. Setiap peserta juga menyampaikan harapannya agar roadmap penelitian ini dapat menjadi pedoman yang kuat dalam mengarahkan kegiatan penelitian di IAIN Kendari. “Kami berharap, dengan adanya roadmap penelitian ini, IAIN Kendari dapat lebih fokus dan terarah dalam mengembangkan penelitian yang berkualitas dan berdampak nyata bagi masyarakat,” tutur salah seorang perserta dalam rapat tersebut.

Rapat ini juga menghasilkan beberapa rekomendasi strategis, antara lain peningkatan kerjasama penelitian dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri, peningkatan kapasitas peneliti melalui pelatihan dan workshop, serta pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan penelitian.

Ketua LP2M menutup acara dengan optimisme, “Kami yakin dengan sinergi dan komitmen seluruh civitas akademika, roadmap penelitian ini akan menjadi landasan yang kuat untuk mencapai visi besar IAIN Kendari dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.”

Tanggapan Anda?
+1
0
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0