Tanggapan Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Kendari, 25 Februari 2024 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar kegiatan seleksi proposal penelitian berbasis SBK Litabdimas Kementerian Agama untuk tahun anggaran 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk menyaring dan mendukung proposal penelitian terbaik yang berlangsung pada tanggal 23 – 24 Februari 2024 secara daring (Zoom) serta dihadiri oleh para peneliti dari berbagai fakultas di lingkup IAIN Kendari.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., dalam sambutannya menyatakan, “Kegiatan seleksi proposal penelitian ini merupakan salah satu upaya kami untuk mendorong semangat penelitian di kalangan dosen di lingkup IAIN Kendari. Meskipun kami mengalami keterbatasan anggaran akibat imbas refokusing anggaran, namun hal itu tidak menyurutkan antusias para peneliti untuk ikut serta dalam kegitan rutinitas tahunan ini. Bahkan, beberapa pejabat tinggi IAIN Kendari, termasuk Rektor dan Wakil Rektor ikut andil dalam kegiatan tersebut. Kami berharap, melalui seleksi ini, kami dapat menemukan ide-ide inovatif yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.”

Proses seleksi proposal penelitian kali ini melibatkan para reviewer yang terdiri dari pakar, ahli dan akademisi ternama di bidangnya. Sebanyak kurang lebih 80 proposal penelitian dari berbagai disiplin ilmu telah diterima oleh LP2M. Namun setelah melalui seleksi kelayakan dokumen, maka terjaring 50% atau sekitar 40 proposal untuk maju ketahap review. Proposal-proposal tersebut mencakup berbagai topik, mulai dari studi agama, pendidikan, sosial dan budaya, hingga sains dan teknologi. “Kami sangat mengapresiasi antusiasme para peserta yang telah mengajukan proposal mereka. Ini menunjukkan bahwa semangat penelitian di IAIN Kendari sangat tinggi,” ujar Ketua LP2M IAIN Kendari.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, LP2M akan mengumumkan 37 proposal terbaik yang akan mendapatkan dukungan pendanaan dan bimbingan intensif dari program Litabdimas Kementerian Agama RI melalui anggara DIPA IAIN Kendari. Para peneliti terpilih diharapkan dapat menyelesaikan penelitian mereka dalam kurun waktu satu tahun.

Dr. Fahmi Gunawan, M.Hum selaku Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (Kapuslit) juga menambahkan, “Kami berharap hasil penelitian yang didukung oleh LP2M dapat dipublikasikan di jurnal-jurnal nasional dan internasional bereputasi. Selain itu, kami juga menargetkan seluruh peneliti tidak hanya menghasilkan output dan outcome berupa artikel jurnal dan buku ber-ISBN, tetapi hasil penelitian mereka juga dapat dipresentasikan dalam momentum kegiatan Simposium Internasional yang akan diselenggarakan di bulan September 2024. Hal ini kami lakukan agar hasil penelitian mereka dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Selain itu, kami juga mendorong para peneliti untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri, guna memperluas jaringan dan memperkaya wawasan penelitian,” pungkasnya.

Kegiatan seleksi proposal penelitian ini merupakan bagian dari upaya IAIN Kendari untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan IAIN Kendari dapat terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Tanggapan Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0