Tanggapan Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Kendari, 20 Maret 2024 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mengadakan diskusi intensif guna menyusun petunjuk teknis (juknis) Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat LP2M IAIN Kendari dan dihadiri oleh sejumlah dosen calon pembimbing, serta perwakilan dari mahasiswa.

Diskusi yang berlangsung selama sehari ini bertujuan untuk merumuskan juknis KKN yang relevan dan adaptif dengan kebutuhan masyarakat serta perkembangan zaman. Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., menyatakan bahwa juknis tahun ini akan menitikberatkan pada program-program yang bersifat inovatif dan berkelanjutan.

Kami ingin memastikan bahwa KKN tahun ini tidak hanya menjadi ajang pengabdian, tetapi juga sarana bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang mereka peroleh di bangku kuliah secara nyata di masyarakat,” ujarnya.

Beberapa fokus utama dalam juknis KKN tahun 2024 meliputi: (1) Pengembangan Ekonomi Lokal: Program yang mendorong peningkatan ekonomi berbasis masyarakat, seperti pelatihan kewirausahaan dan pengembangan UMKM; (2) Pendidikan dan Literasi: Inisiatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil, termasuk pelatihan literasi digital; dan (3) Kesehatan dan Lingkungan: Kampanye kesehatan, sanitasi, serta program pelestarian lingkungan yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

Dalam diskusi tersebut, Kapus Pengabdian, Dr. Syamsuddin juga mengungkapkan bahwa kebutuhan lokal yang dapat diakomodasi dalam program KKN perlu menjadi skala prioritas dalam penysununa program kerja KKN tahun ini. Sinergi ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara IAIN Kendari dan masyarakat sekitar, serta memastikan bahwa program yang diusulkan benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran.

Kapus Pengabdian juga menambahkan bahwa salah satu tantangan utama dalam penyusunan juknis ini adalah memastikan keterlibatan aktif semua pihak, termasuk mahasiswa, dosen pembimbing, dan mitra masyarakat. Dengan demikian, diharapkan program KKN dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif yang signifikan.

“Kami optimis bahwa dengan kolaborasi yang baik, KKN tahun 2024 akan menjadi program yang tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat, tetapi juga memperkaya pengalaman belajar mahasiswa,” tutupnya.

Tanggapan Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0