Gandeng Rumah Jurnal, LPPM Gelar FGD Baseline Data Penelitian & Publikasi Ilmiah

Demi merapikan basis data penelitian dan publikasi ilmiah Dosen serta Peneliti di lingkup IAIN Kendari, Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitbit) LPPM IAIN Kendari menggelar Focus Group Discussion (FGD) Baseline Data Penelitian dan Publikasi Ilmiah Institut Agama Islam Negeri Kendari Tahun 2019 di Aula Pasca Sarjana IAIN Kendari hari ini Jumat, 13 Desember 2019.

Panelis Kegiatan FGD

Acara yang dimulai oleh Sekretaris LPPM, Dr. Samrin, M.Pd., kemudian dilanjutkan oleh sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Wakil Rektor III, Bapak Dr. H. Herman, M.Pd.I., berupaya mendiskusikan masalah-masalah yang berkaitan dengan penertiban data penelitian dan publikasi ilmiah Dosen dan Peneliti di lingkup IAIN Kendari.

Ketua LPPM, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., menyampaikan harapannya kepada peserta agar kegiatan ini tidak hanya menghasilkan pangkalan data yang lebih rapi namun juga sebagai sebuah langkah memperbaiki sekaligus meningkatkan kualitas jurnal-jurnal di lingkup IAIN Kendari terutama Jurnal Al-Izzah yang dikelola langsung oleh LPPM. Menurut beliau, jurnal-jurnal IAIN Kendari mesti menjadi target utama bagi peneliti dan penulis mengirimkan artikelnya.

Warek III Ketika memberikan sambutan

Ketua Puslitbit, Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed. menyebutkan bahwa selama ini data-data tersebut tidak terlacak dengan baik. “Yang diketahui dan dapat diakses hanya data-data dari penelitian dan publikasi yang dibiayai oleh institusi. Selain itu, tidak kita ketahui terutama yang berhubungan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” sahut beliau.

Kepala TIPD memaparkan materinya.

Pemateri pertama yang juga Kepala TIPD IAIN Kendari, Tommy Irawan Patra, S.Kom., memulai bahasan dengan menjelaskan hubungan masing-masing sistem yang terkait termasuk layanan-layanan yang terhubung langsung ke FORLAP DIKTI. Selain itu, beliau juga memberikan pemahaman mengenai alur manajemen data di lingkup IAIN Kendari.

Pemateri saat menampilkan sistem baseline kepada peserta.

Pemateri kedua, Eko Wahyu Prasetyo, A.Md., kemudian melanjutkan bahasan materi dengan memperkenalkan layanan registrasi dan input data penelitian melalui laman https://penelitian.iainkendari.ac.id/ di mana pada laman tersebut Dosen dan Peneliti bisa menginput data penelitian dan publikasi ilmiah masing-masing. Secara komprehensif, pemateri menjelaskan satu per satu operasi tiap fungsi pada layanan tersebut.

Lebih lanjut, Pak Tommy menyebutkan kendala-kendala yang mungkin akan menjadi masalah dalam penerapan sistem layanan ke depannya. Tidak berlarut dalam penjelasan, pemateri dipandu oleh moderator langsung memberikan kesempatan kepada peserta kegiatan untuk terlibat dalam diskusi. Melihat antusiasme peserta yang begitu besar, diskusi berjalan begitu alot dengan berbagai pandangan dan bahan pertimbangan saling berebut menyita minat.

Kegiatan yang dilaksanakan hingga menjelang siang ini diikuti oleh civitas academica terutama para pengelola jurnal di IAIN Kendari. Tampak pula beberapa pimpinan lembaga dan kepala bagian tata usaha dari masing-masing fakultas.