Kapus PKM Undang Seluruh Kaprodi di Lingkup IAIN Kendari, Paparkan Skema KKN-DR

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program rutin Perguruan Tinggi yang dilaksanakan sebagai bentuk komitmen terhadap bidang pengabdian kepada masyarakat. Tahun ini, mahasiswa dan mahasiswi IAIN Kendari direncanakan melaksanakan KKN dengan skema DR (Dari Rumah). Skema ini diambil sebagai langkah taktis yang menyesuaikan dengan protokol new normal di tengah pandemi yang masih melanda.

Rapat Koordinasi KKN-DR Daring oleh LP2M

Skema yang terbilang baru ini perlu disosialisasikan ke seluruh Program Studi di lingkup IAIN Kendari untuk menyatukan konsep dan target yang telah dirumuskan. Mengingat pentingnya hal ini, Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I., mengundang seluruh Ketua Program Studi untuk mengikuti rapat secara daring melalui meeting room Zoom hari ini, Rabu, 10 Juni 2020 dan dimulai pada pukul 14.00 WITA.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Hj. Faizah Binti Awad, M.Pd. ketika memberikan sambutan.

Rapat ini dibuka oleh Sekretaris LP2M, Dr. Samrin, M.Pd.I., yang langsung menyilakan Kepala Pusat PKM untuk menjelaskan lebih detail agenda rapat konsolidasi KKN hari ini. Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., dalam sambutan beliau menyebutkan bahwa rapat yang dilaksanakan secara mendadak ini dipandang perlu karena KKN tahun ini dijadwalkan dalam waktu dekat.

KKN-DR sudah mulai disosialisasikan mulai pekan ini, Insya Allah. Rapat koordinasi ini untuk memastikan bahwa segala persiapan mulai dari konsep sampai instrumen sudah matang.

Dr. Abdul Kadir, M.Pd., Ketua LP2M IAIN Kendari

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Hj. Faizah Binti Awad, M.Pd., yang juga berkesempatan memberikan sambutannya menyampaikan bahwa rapat ini hendaknya diikuti secara aktif dan cermat karena desain KKN-DR ini belum pernah dilaksanakan sebelumnya. Sehingga konsep yang sudah dirumuskan oleh LP2M dapat dimatangkan melalui masukan dan saran konstruktif dari para peserta rapat. Beliau juga menegaskan bahwa kegiatan KKN-DR ini hendaknya memperhatikan dua hal yakni tidak memberatkan mahasiswa(i) secara materiel dan tidak pula membebani mereka secara prosedural.

Warek I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag. saat menyampaikan gagasan tentang KKN-DR.

Selanjutnya, Kapus PKM menjabarkan secara detail seluruh rencana program yang telah dirangkum dalam Buku Panduan LP2M yang dalam waktu dekat ini akan dirilis. KKN-DR ini dibagi ke dalam tiga pilihan yakni dilaksanakan secara daring, secara luring, dan melalui riset maupun karya ilmiah. Masing-masing pilihan ini mempunyai item program yang bobotnya dapat dihitung poinnya berdasarkan instrumen yang sudah disiapkan. Menegaskan apa yang telah disampaikan oleh Kapus PKM sebelumnya, Warek I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag., menyampaikan bahwa konsep tersebut sudah sesuai dengan kondisi yang sedang dihadapi oleh para mahasiswa(i). Bahkan mereka yang sudah terjun langsung di lapangan sebagai Relawan Satgas Covid-19 dapat dihitung telah melaksanakan KKN dengan melengkapi dokumen yang disyaratkan.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., saat memberikan sabutan.

Rapat daring ini kemudian berlanjut dengan pemaparan masukan serta data calon peserta KKN dari masing-masing pimpinan Fakultas maupun Kaprodi. Beberapa item kegiatan beserta penambahan target sasaran kegiatan diusulkan oleh masing-masing peserta rapat. Sebagai catatan, kegiatan KKN-DR ini direncanakan dimulai pada awal bulan Juli 2020 sedangkan sosialisasi serta registrasi mulai dilaksanakan pekan depan.