Bertolak ke Konawe Utara, PkM LP2M Usung Program Dakwah Pesisir

Berbekal tekad menyiarkan syiar Islam sebagai rahmatan lil ‘alamiin, Pusat Pengabdian Masyarakat (PkM) LP2M IAIN Kendari berangkat menuju Kecamatan Lasolo Kepulauan Kab. Konawe Utara hari ini, Rabu, 28 Oktober 2020. Mengusung program Dakwah Pesisir, Tim Safari Dakwah yang dipimpin oleh Kepala PkM bertolak dari Kab. Konawe pukul 4 sore hari dan tiba di tujuan pukul 7 malam hari. Rencananya, hari pertama dari program ini akan menyasar perayaan Hari Besar Keagamaan yang kali ini bertepatan dengan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

Setiba di lokasi, Tim Safari Dakwah menargetkan Desa Boenaga dan Desa Boedingi di Kec. Lasolo Kepulauan untuk bertemu Kepala Desa dan tokoh masyarakat untuk membicarakan teknis pelaksanaan program. Dengan penuh antusiasme, masyarakat menyambut Tim Da’i PkM LP2M dan langsung diarak menuju Masjid Desa melaksanakan ibadah sholat Isya. Selepas sholat, Tim Da’i memulai sesi awal safari dakwah dengan membawakan Hikmah Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang diawali dengan membaca Kitab Al Barzanji. Dihadiri oleh warga dan anggota majelis taklim, Hikmah Maulid berlangsung hingga pukul 9 malam.

Penyampaian Hikmah Maulid dimulai dengan sambutan dari Pemerintah Desa setempat yang selanjutnya dimoderatori oleh anggota Takmir Mesjid. Hikmah Maulid pertama dibawakan oleh Ustadz H. Muhammad Hasdin, Lc., M.Th.I. dengan judul Teladan Nabi dan Keutamaan Mencintai Rasulullah SAW. Dalam penyampaiannya, beliau banyak mengutip kisah-kisah hidup Rasulullah SAW bersama para Sahabat.

Hikmah yang dibawakan dengan dwibahasa baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa Daerah Bajo ini menceritakan bagaimana cara meneladani Rasulullah SAW secara utuh dimulai dari menumbuhkan rasa cinta kepada Rasulullah SAW. “Rasulullah SAW itu tidak pernah bertatap muka dengan kita. Bahkan mungkin tidak menyangka bahwa ummatnya bisa tersebar ke Desa Boenaga ini tapi beliau sudah rindu dengan kita bahkan yakin bahwa Islam akan menjangkau seluruh pelosok daerah,” jelas beliau kepada jamaah yang hadir.

Hikmah Maulid kedua disampaikan oleh Ustadz Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I. yang menjelaskan konsep Uswatun Hasanah sebagai teladan akhlak dari baginda Rasulullah SAW. Menurutnya, yang menjadi misi utama diutusnya Nabi adalah teladan Akhlak dan bukannya ilmu. Rasulullah SAW sendiri didik untuk mengenal tata krama yang masih terjaga di kawasan pedalaman selama masa kecil beliau.

Ustadz Abdul Gaffar menegaskan kepada jamaah Desa Boenaga untuk mengutamakan pendidikan berasaskan Islam kepada anak-anak generasi berikutnya. Sebab akhlak yang dilengkapi dengan ilmu merupakan modal utama meneladani syariat Islam sebagai rahmatan lil ‘aalamin seperti dicontohkan oleh Rasulullah SAW. “Jangan takut menyekolahkan anak-anak kita ke pesantren,” kata beliau, “tidak perlu pula ragu akan rezeki mereka sebab insya Allah mereka akan ditanggung oleh Allah SWT.”

Kegiatan safari dakwah pesisir yang diprogramkan oleh PkM LP2M rencananya akan berlangsung selama empat hari dan menargetkan beberapa Desa di gugusan pulau Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara dan Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah.