Beri Inspirasi Peneliti Muda, LP2M IAIN Kendari Gelar Workshop Penguatan Kapasitas Penelitian

Demi menggalang semangat civitas academica IAIN Kendari untuk berkontribusi melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara aktif, LP2M menggelar Workshop Penguatan Kapasitas Penelitian di Hotel Plaza Inn, Kota Kendari. Kegiatan yang dimulai pukul 14:00 WITA, Jumat (27-11) ini dihadiri oleh sekitar 30 orang peserta.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Faizah Binti Awad, M.Pd., saat membuka acara secara resmi.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., menerangkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab lembaga yang dipimpinnya untuk memacu para Dosen dan Peneliti menelurkan karya serta publikasinya. “Upaya ini kami lakukan sebagai bentuk branding LP2M IAIN Kendari sebagai salah satu lembaga yang aktif membekali dan memfasilitasi Dosen dan Peneliti supaya mereka termotivasi dalam berkarya,” tegas beliau.

Sesi Acara Pembukaan

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd., yang hadir membuka kegiatan tersebut secara resmi mengatakan bahwa penelitian dan pengabdian perlu diramu dengan baik mulai dari perencanaan hingga pada tahap publikasi dan penerapan. Apalagi keduanya merupakan jantungnya perguruan tinggi. Beliau menegaskan bahwa jika Dosen dan Peneliti tidak memperbaharui ide dan metodenya maka institusi tempatnya bernaung akan lumpuh.

Penelitian adalah penunjang Perguruan Tinggi. Self-upgrading pada karakter Dosen dan Peneliti melalui pengembangan kompetensi diikuti oleh kompetisi akan meninggikan marwah Perguruan Tinggi di mata masyarakat.

Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd., Rektor IAIN Kendari
Para peserta kegiatan saat acara pembukaan.

Kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Penelitian LP2M Tahun 2020 ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari mulai Jumat hingga Ahad, 27-30 November. Beberapa narasumber berkelas yaitu Prof. Dr. Saleh Tajuddin, MA., Prof. Dr. Anwar Hafid, M.Pd., Dr. Aris Badara, M.Pd., Dr. Husain Insawan, MAg., dan Dr. Abdul Kadir, M.Pd. yang berasal dari internal IAIN Kendari dihadirkan untuk membimbing Dosen dan Peneliti muda IAIN Kendari.

Ketua LP2M menjelaskan bahwa workshop ini menawarkan ide-ide baru yang menjadi tren di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Banyak pendekatan dan metode yang dibahas melalui paradigma baru dan kajiannya menginspirasi lahirnya hasil-hasil penelitian yang membanjiri publikasi baik di level nasional maupun internasional. Sehingga kesempatan ini perlu dimanfaatkan secara maksimal oleh para peserta.

Antusiasme peserta saat mengikuti kegiatan workshop hari pertama.

Workshop ini akan menjejali para peserta dengan paradigma riset dengan pendekatan dan metode yang tepat serta terbaru. LP2M berharap setelah kegiatan ini, Dosen dan Peneliti IAIN Kendari mendapat inspirasi sekaligus terbaharui ilmunya sehingga penelitian-penelitian yang dihasilkan bukan hanya mengharumkan nama IAIN Kendari namun juga memiliki dampak signifkan di masyarakat.