Sesi 4 Seri Webinar Pelakor, LP2M Bahas Penelitian Eksperimen dan R&D

LP2M IAIN Kendari kembali melanjutkan Webinar Penelitian Berbasis Pembelajaran dalam Serial Pelatihan Era Corona (PELAKOR) Dalam Peningkatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pada Sesi keempat yang digelar Ahad, 20 Desember 2020 ini, LP2M mengusung judul Penelitian Eksperimen dan Research & Development dengan menghadirkan tiga narasumber termasuk Ketua LP2M IAIN Kendari, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. Kedua narasumber lainnya merupakan Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah, Dr. H. Kadir, M.Pd. dan Wakil Rektor 1 IAIN Kendari Bidang Akademik, Dr. Husain Insawan, M.Ag.

Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd. bertindak sebagai Moderator.

Penelitian Eksperimen dan Research & Development (R&D) diangkat menjadi judul bahasan kali ini dengan pertimbangan kebutuhan untuk memperbaharui wawasan mengenai metode penelitian sembari tetap menjaga semangat meneliti bagi para civitas academica. Selain itu, Sesi 04 yang dimoderatori oleh Dr. Imelda Wahyuni, M.Pd. ini lebih membahas perlunya penyamaan persepsi peneliti dalam hal pendekatan dan metode penelitian agar ke depannya Mahasiswa(i) dan masyarakat umum dapat lebih mudah membaca hasil-hasil penelitian yang dipublikasikan.

Wakil Rektor 1 IAIN Kendari Bidang Akademik, Dr. Husain Insawan, M.Ag. membuka sekaligus membawakan materi pertama.

Dr. Husain Insawan, M.Ag. yang menjadi pembicara pertama menekankan pentingnya mendokumentasikan kegiatan pembelajaran dalam bentuk riset dan begitupun sebaliknya membahas hasil-hasil riset sebagai materi bahasan di kelas. R&D sendiri bertujuan untuk mengembangkan fokus bidang kajian keilmuan sekaligus mengembangkan metode riset yang dipakai dengan memperbaiki kekurangan yang ada. Pendekatan tersebut, dalam bidang pendidikan bertujuan melahirkan produk baik materi pembelajaran maupun metode penelitian dalam hal pengembangan bidang kajian disiplin ilmu. Sebab menurut Dr. Husain, R&D menjembatani bidang kajian ilmu murni dan bidang kajian terapan. Penelitian eksperimen dan R&D bersifat reflektif dengan terus melakukan evaluasi berkala. Sehingga pada bagian akhir pemaparan beliau, riset dengan pendekatan dan metode ini direkomendasikan pada kluster penelitian pengembangan Program Studi.

Dr. H. Kadir, M.Pd., Wakil Dekan 1 FTIK UIN Syarif Hidayatullah yang menjadi narasumber kedua pada webinar Pelakor Sesi 04

Dr. H. Kadir, M.Pd. sebagai pembicara kedua lebih menekankan pada paradigma dan alur dari penerapan penelitian eksperimen dan R&D. Dari pemaparan beliau, pada dasarnya riset di bidang pendidikan menyasar siklus yang dimulai dari penelitian kemudian diikuti oleh rancangan, produksi, serta uji validitas dari produk yang dikembangkan. R&D merupakan riset pengembangan yang berada pada fase tengah setelah penelitian dasar dan menuju penelitian terapan. Dalam kesempatan tersebut, beliau banyak mengutip siklus dan alur penelitian yang dikembangkan oleh para ahli dan diterapkan di universitas-universitas di berbagai belahan dunia. Alur penelitian, dalam hemat beliau, pada dasarnya berjalan pada siklus pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, diikuti uji coba pemakain produk. Siklus riset tersebut, kemudian dikembangkan berdasarkan kebutuhan analisis, wawasan, dan tujuan dari pendekatan atau metode penelitian yang dipilih.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. yang menjadi narasumber ketiga pada webinar Pelakor Sesi 04

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd., yang juga menjadi narasumber ketiga pada webinar tersebut membahas desain penelitian eksperimen secara khusus dalam bidang pembelajaran. Desain penelitian ini, lanjut beliau, seirama dengan metode-metode seperti riset developmental, single-subject, design, action, serta didactical. Dalam bidang pembelajaran, penelitian dikembangkan bermula dari ketidakpuasan yang ditemui oleh baik pendidik maupun peserta didik. Selanjutnya, beliau membahas kriteria penelitian eksperimen seperti manipulasi variabel, kontrol, penugasan random, dan perlakuan atau treatment diikuti dengan penjelasan komperehensif mengenai langkah-langkah melakukan penelitian eksperimen. Pada bagian berikutnya, beliau membahas desain penelitian eksperimen mulai dari pre-eksperimen, true-eksperimen, dan quasi-eksperimen diikuti penjelasan mengenai desain faktorial berikut langkah-langkah dan tips-tips melakukan penelitian eksperimen di lapangan.

Salah satu tampilan slide Dr. Abdul Kadir, M.Pd.

Webinar yang berlangsung hingga pukul 13:00 WITA inbi diikuti oleh kurang lebih 150 peserta secara daring melalui Zoom Conference Meeting dari berbagai latar belakang dan daerah. Sesi webinar ini juga tayang secara langsung melalui Kanal Youtube LP2M IAIN Kendari. Serial webinar bertajuk Pelatihan Era Corona (PELAKOR) merupakan pelatihan daring berseri lanjutan mengikuti serial Pekan Utama OJS sebelumnya. Serial webinar ini masih menyisakan satu Seri yaitu Seri 05 yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

Serial Pelakor Sesi 04 di Kanal Youtube LP2M IAIN Kendari