April 24, 2024
April 24, 2024

LP2M IAIN KENDARI

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Kendari

Berprestasi Nasional, LP2M IAIN Kendari Disambangi LP2M UIN Banten

LP2M IAIN Kendari mendapatkan kunjungan dari Tim LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten pada tanggal 2-3 Maret 2023 dalam rangka benchmarking manajemen pelaksanaan KKN dan program penelitian dan publikasi. Kunjungan yang berlangsung 2 hari tersebut salah satunya dilatari oleh prestasi LP2M IAIN Kendari sebagai pelaksana KKN Nasional terbaik ke-2 dalam ajang The 4th International Conference on University-Community Engagement (ICON – UCE) yang diselenggarakan di IAIN Syeh Nurjati Cirebon pada tanggal 24-26 Oktober tahun lalu. “Kedatangan kami terinspirasi oleh capaian IAIN Kendari sebagai pelaksana KKN terbaik nasional tahun lalu. Untuk itu kami berharap ada sharing informasi tentang pengelolaan KKN oleh LP2M IAIN Kendari” pungkas Dr. Ade Fakih Kurniawan, Sekretaris LP2M selaku ketua rombongan.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. didampingi Ketua LP2M Dr Abdul Kadir, M.Pd. menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kedatangan tamu yang berjumlah 6 orang. “Kami selaku pimpinan aktif melakukan koordinasi dan memberikan dukungan kepada pelaksana KKN, bahkan kami hadir langsung memberikan semangat pada sesi presentasi tim KKN di Cirebon” ungkap Rektor dalam sambutannya di Ruang Rektor pada hari pertama kunjungan.

Pada hari ke-2 kunjungan, sharing dilanjutkan di Ruang Rapat LP2M dengan pembahasan rintisan beberapa program kerjasama antara kedua belah pihak. Aplikasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) salah satu program utama selain program lainnya seperti kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antar dosen dan mahasiswa, pembinaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penelitian kolaborasi berbasis Program Penelitian Tahunan, dan kerjasama dalam bidang publikasi seperti pertukaran reviewer dan editor jurnal. Kedua belah pihak berkomitmen untuk menindaklanjuti program yang dihasilkan bersama melalui perjanjian dan kegiatan riil lainnya.

Kapus Penelitian dan Penerbitan Dr. Imelda Wahyuni dalam sesi sharing menyatakan bahwa program-program yang dihasilkan bersama sangat berpeluang menunjang pengembangan pelaksanaan program kerja di masing-masing institusi bahkan sangat berkontribusi terhadap peningkatan akreditasi institusi. “Kegiatan ini tentu akan kita follow up secara serius agar lembaga kita betul-betul dapat berkontribusi dalam akreditasi institusi” tutupnya seraya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan Tim LP2M UIN Banten.