Hari Ini, Puslitbit LPPM Gelar Diseminasi Hasil Penelitian Dosen IAIN Kendari Tahun 2019

Pusat Penelitian dan Penerbitan LPPM IAIN Kendari menggelar kegiatan Diseminasi Hasil Penelitian Dosen Tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan hari ini, 03 November 2019, bertempat di gedung Fakultas Tarbiyah di bagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama diisi dengan acara pembukaan dan sesi kedua diisi dengan presentasi dan reviewing di masing-masing kluster yang terbagi ke dalam 4 (empat) forum di tahap pertama ini.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Husain Insawan, M.Ag. didampingi oleh Ketua LPPM, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. dan Reviewer Dr. Muhammad Alifuddin, M.Ag.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Husain Insawan, M.A., didaulat membuka acara pembukaan di sesi pertama. Dalam kesempatan tersebut, beliau didampingi oleh Ketua LPPM, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. Beliau menyampaikan agar peserta kegiatan memperhatikan dengan seksama komentar dan perbaikan yang diberikan oleh masing-masing reviewer agar kualitas hasil penelitian tetap terjaga.

Warek I IAIN Kendari saat memberi sambutan.

Pada sesi yang sama, Ketua LPPM, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. dan Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan, Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed. memberikan bahasan pengantar sekaligus menjelaskan technical briefing pelaksanaan kegiatan selama dua hari ke depannya. Hal ini juga menyangkut metode review dan item-item apa saja yang mesti disiapkan oleh masing-masing peserta sebelum diberi kesempatan untuk memaparkan materi di hadapan reviewer.

Para Peserta Kegiatan

Setelah sesi pertama selesai, seluruh peserta menuju ruang forum masing-masing. Pada sesi kedua ini, setiap peserta diberikan kesempatan untuk memaparkan hasil penelitian di hadapan reviewer yang sebelumnya telah membaca laporan hasil penelitian utuh dalam format digital. Laporan lengkap tersebut dikirimkan ke e-mail official LPPM yang kemudian diteruskan oleh admin ke reviewer yang telah ditunjuk.

Ketua LPPM, Dr. Abdul Kadir diapit oleh Masing-Masing Reviewer

Untuk Forum 1, terdapat 16 (enam belas) orang peserta yang hasil penelitiannya akan direview oleh Dr. La Ode Sumarlin, M.Si. Di Forum 2, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Husain Insawan. M.Ag. menjadi reviewer untuk 6 (enam) orang peserta di Forum 2. Kapuslitbit LPPM, Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed. sendiri menjadi reviewer di Forum 3 yang diikuti oleh 5 (lima) orang peserta. Untuk Forum 4 yang dikawal oleh dua orang reviewer yaitu Dr. Muhammad Alifuddin, M.Ag. dan Dr . Asliah Zainal, M.A. menangani presentasi dari 15 (lima belas) orang peserta.

Para Peserta Kegiatan Diseminasi Hasil Penelitian Dosen Sesaat Sebelum Menuju Ruang Forum Masing-Masing.

Padatnya jadwal kegiatan hingga jumlah peserta yang banyak membuat kegiatan yang sedianya dijadwalkan selesai di sore hari ini akhirnya berlanjut hingga waktu maghrib. Namun baik reviewer maupun peserta kegiatan tampak tetap semangat mengikuti jalannya acara hingga acara penutupan.