Puslitpen LPPM IAIN Kendari Menggelar Konsinyering Disain Penelitian


Semangat untuk menggalakkan sekaligus mengembangkan kegiatan penelitian di lingkup Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) LPPM kembali mengadakan kegiatan Konsinyering Disain Penelitian. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang menjadi salah satu program utama Puslitpen LPPM IAIN Kendari.

Pemaparan Presentasi Peserta (Klik gambar untuk galeri)

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Perguruan Tinggi Islam Kementrian Agama RI, Bapak Prof. Dr. Arskal Salim, M.A. dan Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Diktis Kementerian Agama RI, Dr. Suwendi. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai pada hari Ahad, 23 April 2018 dengan Acara Pembukaan bertempat di Aula Mini IAIN Kendari. Acara Pembukaan yang bertepatan dengan Event Gerak Jalan Sehat memperingati Milad IAIN Kendari yang ke-51 ini dihadiri oleh para Dosen dan Peneliti di lingkup IAIN Kendari. Pada kesempatan ini, para Narasumber pun dibekali dengan materi berisi kebijakan dan peluang penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi ilmiah.

Puslitpen LPPM sendiri membagi sesi presentasi dari masig-masing peserta ke dalam empat kluster. Masing-masing kluster tersebut didampingi oleh reviewer yang telah ditunjuk. Pada masing-masing kluster terdapat sekitar 16 (enam belas) presenter dan dipandu oleh Dr. La Ode Sumarlin, M.Pd. pada kluster pertama. Sedangkan pada kluster dua didampingi oleh Ibu Dr. Asliah Zainal, M.A. Kluster ketiga dipandu oleh Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed. dan pada kluster keempat dipandu oleh duet Dr. Muhammad Alifuddin, M. Pd. dan Dr. Abdul Wahab, M. Pd. Pada sesi reviewing sendiri, para reviewer menekankan pentingnya pemilihan disain penelitian yang up-to-date dan mengikuti tren penelitian yang mengacu pada output dibanding sekadar retorika.

Kegiatan presentasi dan reviewing pada masing-masing kluster memanfaatkan waktu selama 2 (dua) hari disebabkan banyaknya jumlah peserta yang ikut serta. Padatnya jadwal memastikan para presenter mesti memanfaatkan waktu yang diberikan seefektif mungkin. Dalam waktu 2 (dua) hari tersebut, kegiatan dilaksanakan non-stop mulai dari pagi hingga sore hari dan hanya diselingi istirahat sholat dan makan.

Kegiatan yang mengusung program utama Puslitpen LPPM IAIN Kendari ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan yang menargetkan pengembangan penelitian di lingkup institusi IAIN Kendari. Puslitpen LPPM pun setelah kegiatan ini berakhir telah mengagendakan rangkaian lanjutan berupa Workshop Asistensi Pengelolaan Jurnal yang ditujukan untuk para pengelola jurnal di lingkup IAIN Kendari dan dihadiri pula oleh para Dosen dan Peneliti.