Hari ini, Peserta KKN Tematik dan KKN Riset Aksi Tahun 2019 Diberangkatkan ke Lokasi

Suasana pelepasan di depan gedung perkuliahan terpadu.

Sebanyak sekitar 583 mahasiswa-mahasiswi peserta KKN Tematik Angkatan V tahun 2019 diberangkatkan dari IAIN Kendari ke lokasi KKN di Kabupaten Konawe hari ini, Kamis, 17 Juli 2019. Peserta KKN berangkat ke lokasi dengan mengendarai angkutan mobil yang telah disiapkan oleh panitia KKN sebanyak 94 unit sejumlah posko yang akan ditempati para peserta. Rombongan ini diberi pengarahan terlebih dahulu oleh panitia KKN sebelum akhirnya berangkat pada pukul 10.00 WITA. Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. memperingatkan kepada peserta untuk mengecek rekan-rekannya dan mengatur kelompok berdasarkan posko yang telah ditentukan. Beliau juga berpesan untuk berhati-hati selama perjalanan dan menyiapkan perlengkapan posko seperti bendera dan spanduk.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. didampingi Ketua LP2M dan Kepala Biro AUAK, Dr. Nanang Faturrochman, M.Pd. berpesan kepada peserta untuk saling membantu sepama berada di lokasi dan saling menasihati rekan-rekannya untuk menjaga ibadah serta perilaku agar nama baik institusi semakin harum di masyarakat. Tak pama berselang, Rektor beserta panitia memimpin rombongan peserta KKN dan dikawal oleh Petugas dari Satuan Lalu Lintas POLDA Sultra.

Wakil Bupati Konawe dan Para Petinggi IAIN Kendari saat acara penerimaan di Kantor Bupati Konawe.

Rombongan kemudian tiba di Kantor Bupati Konawe pada pukul 14.00 WITA setelah melewati medan yang cukup berat mengingat beberapa ruas jalan di Kabupaten Konawe rusak berat akibat musibah beberapa waktu lalu. Rombongan kemudian diterima oleh Wakil Bupati Konawe, Bapak Gusli Topan Sabara, ST.,MM., sekaligus memberikan pengarahan kepada para peserta KKN di lapangan Kantor Bupati Konawe.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, ST.,MM. saat memberi pengarahan kepada para peserta KKN.

Dalam pengarahannya, beliau memberikan penjelasan tentang arah pengembangan daerah Kabupaten Konawe sebagai bahan pertimbangan penyusunan Program Kerja kepada para peserta di lokasinya masing-masing. Beliau menyebutkan pengembangan di bidang ekonomi yang berbasis pada tiga sektor yaitu pertanian, perkebunan, dan perikanan. Selain itu, beliau pun menekankan bidang pendidikan kesehatan dan bidang pendidikan sebagai serangkaian tiga bidang fokus pengembangan daerah.

Di tempat yang sama, Rektor IAIN Kendari, Prof. Faizah Binti Awad, M.Pd. juga turut memberikan sambutan kepada para peserta untuk memperhatikan apa yang telah dipaparkan oleh Wakil Bupati Konawe. Beliau menegaskan bahwa kegiatan KKN sejatinya berbentuk pengabdian kepada masyarakat dengan menjawab tantangan yang sedang dihadapi oleh masyarakat tersebut. Beliau juga memberi nasihat kepada para peserta untuk sabar dalam melaksanakan pengabdian dan bekerja dengan tulus ikhlas di lapangan.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Hj. Faizah Binti Awad, M.Pd. saat memberi sambutan.

Penting untuk diketahui bahwa kegiatan pelepasan dan penerimaan peserta KKN Tematik Angkatan V ini dilaksanakan bersamaan di tiga tempat terpisah. Lokasi pertama di halaman Kantor Bupati Konawe, lokasi kedua di Kantor Kecamatan Lalonggasumeeto, dan lokasi ketiga mengambil tempat di Kantor Kecamatan Soropia. Di kedua lokasi penerimaan, Bupati telah menunjuk pejabat dari Pemkab Konawe untuk menerima secara resmi para peserta KKN. Rombongan kemudian secara resmi dilepas ke posko masing-masing pada pukul 17.00 WITA dikawal oleh masing-masing pembimbing dan panitia.

Ketua LP2M, Dr. Abdul Kadir, M.Pd. Dan Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Dr. Abdul Gaffar, M.Th.I. juga turut langsung mengawal dan memastikan para peserta tiba di poskonya masing-masing.
Saya akan terus mengawal pelaksanaan kegiatan KKN agar berjalan tertib dan sukses mulai dari penerimaan di posko, pelaksanaan program kerja di lapangan, hingga kembalinya para peserta KKN ke kampus. Ini sudah menjadi komitmen dari LP2M dan secara khusus panitia pelaksana KKN”, tandas beliau.

Peserta KKN Riset Aksi di depan posko.

Pada saat yang sama, rombongan KKN Riset Aksi yang bekerjasama dengan PUSLITBANG Kemenag RI juga diberangkatkan dengan pesawat ke Kabupaten Wakatobi. Para peserta dikawal langsung oleh Tim dari PUSLITBANG Kemenag RI dan Pembimbing dari LP2M IAIN Kendari, La Ode Anhusadar, M.Pd. Untuk kegiatan KKN Tematik Angkatan V Tahun 2019 ini mengambil posko di 94 Kelurahan/ Desa di 13 Kecamatan Kabupaten Konawe. Sedangkan untuk KKN Riset Aksi di Kabupaten Wakatobi terdapat satu posko saja. Rencananya, kegiatan KKN baik Tematik maupun Riset Aksi ini akan berjalan hingga 45 hari ke depan.